Ads 720 x 90

3 Langkah Membangun Bisnis Online Toko Online

INFONAZ.COM - Sebelum dunia internet jauh berkembang pesat seperti saat ini, pasar mungkin menjadi salah satu tempat yang dijadikan untuk berjualan. Namun di era modern seperti ini, membuka toko pun bisa dilakukan secara online.

bisnis online 2019,bisnis online tanpa modal 2019
bisnis online terbaru
Nantinya toko online ini bisa dijadikan untuk tempat anda membuka lapak, Memang untuk membuat toko on-line membutuhkan biaya yang tidak sedikit, untuk membuat toko on-line yang benar-benar profesional memerlukan nama domain dan juga internet hosting.

Cara Bisnis Online Bagi Pemula


Berikut ini adalah Langkah-langkah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula ??

Bagaimana Cara Membangun Bisnis Online


1. Buat Website Jualan 


cara membuat website toko online sendiri,cara membuat website toko online dengan html,cara membuat website toko online dengan php,buat toko online gratis selamanya,cara membuat toko online lewat hp,cara membuat website toko online berbayar,website gratis untuk jualan
website
Buat website bisnis Tahapan ketiga adalah membuat website jualan maupun toko online. Atau bisa juga kita sebut sebagai lapak online.

Nantinya ini kita gunakan sebagai tempat jualan online atau berpromosi di internet.

Kalau kita flashback ke langkah sebelumnya, kita harus memutuskan produk-jasa apa yang mau kita jual. Bahasa mudahnya, apa yang mau kita tawarkan kepada pelanggan.

Nah, jika sudah ketemu, selanjutnya kita harus mempromosikan supaya orang lain tahu, dan menjualnya agar kita mendapatkan penghasilan. Untuk itu, kita membutuhan sarana, atau dengan kata lain tempat untuk berjualan.

Salah satu profit menjalankan bisnis lewat web, kita tidak harus menggunakan tempat secara fisik, seperti bangunan toko, bangunan ruko, atau gedung yang besar.

Tempat itu bisa berbentuk website, toko online, media sosial, maupun situs marketplace.

Oleh karena kita hendak memanfaatkan media internet atau berjualan via online maka secara teknis harus kita lakukan, berikut kami berikah langkah-langkah cara jualan onlinenya adalah :
  • Pada saat tahap awal, cobalah berjualan lewat pasar online (situs marketplace), situs media sosial, dan aplikasi social chat terlebih dahulu.
 
Ketika kamu sudah ingin lebih serius, maka kamu harus bisa mulai membuat website sendiri atau blog kamu sendiri bila kamu belum ada modalnya.

Untuk penjelasan yang pertama, contohnya adalah jualan lewat media sebagai berikut:
  • Pasar online (situs marketplace) – Bukalapak, Tokopedia, OLX, dll.
  • Situs media sosial – Facebook, Twitter, Instagram.
  • Aplikasi chat macam – LINE, WA, TELEGRAM
 
Mengapa saya menyarankan langkah tersebut

Karena untuk membuat akun di situs-situs tersebuat secara gratis dan bisa langsung kita manfaatkan untuk promosi dan juala secara online tanpa harus membuat sistem websitenya, dan tampilannya dan lain sebagainya.

Pilih channel yang sekiranya Anda nyaman dan kuasai, syukur-syukur bisa pakai semuanya. Tetapi kalau belum bisa ya saran saya minimal pelajari yang Facebook dan Instagram.

Dan khusus untuk yang aplikasi social chat, sebenarnya itu lebih cocok untuk sarana komunikasi dengan pelanggan maupun prospek. Seperti kalau pas mau transaksi, tanya-tanya detil produk, dan konfirmasi pembayaran.

Tetapi misal mau dipakai untuk promosi pun juga bisa, seperti broadcast pesan massal. Tapi jangan terus-terusan ya, sesekali nggak apa-apa lah, untuk menginfokan produk baru ke pelanggan. Soalnya kalau terlalu sering, bisa-bisa malah pelanggan jadi kurang sreg.

Untuk penjelasan langkah kedua, yakni dengan membuat website sendiri, tujuannya nanti website ini akan kita jadikan sebagai lapak online atau workshop RESMI usaha kita di dunia maya.

Keuntungannya kalau kita sudah memiliki website/blog sendiri ke depannya bisa kita jadikan sebagai pusat tempat rujukan ketika kita hendak memyebarkan promosi online lewat social media kita sendiri, Marketplace ataupun situs jualan lainnya.

2.  Mulai Dengan Jualan

 
cara jualan di tokopedia di hp,cara jualan online di facebook,cara jualan online tanpa modal,cara jualan online larias,top seller tokopedia login,daftar seller tokopedia,daftar jualan online
Jualan
Riset Produk, bisnis onlineLangkah kedua, adalah putuskan apa yang mau Anda jual.

Sebelum benar-benar menjalani suatu siklus bisnis, Anda harus berlatih menjual lewat internet terlebih dahulu.

Pikirkan, kira-kira apa yang mau Anda tawarkan ke orang lain lewat media online.

Resepnya, silahkan catat, ini penting…

Ini adalah beberapa tips cara menemukan produk yang akan dijual:
  • Carilah apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, carilah apa yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar Anda.Kamu adalah problem solver, kamu adalah pemberi solusi dari permasalahan orang-orang.
  • Tukar manfaat yang bisa Anda berikan, menjadi sebuah bentuk transaksi yang saling menguntungkan.
 
Kebanyakan orang salah langkah pada tahapan ini. Mereka terlalu berfokus pada produknya dulu, bukan pada kebutuhan orang-orang. Sehingga bahkan banyak yang tumbang sebelum mencapai penjualan pertama.

Saran saya, lakukanlah riset produk, dan sebisa mungkin carilah produk-produk yang cepat laku dan perputarannya cepat. Artinya banyak yang membutuhkan atau ada pasarnya.

Bukan apa-apa sih, tetapi kalau produk kita yang membutuhkan terlalu sedikit atau pasarnya sempit, biasanya kita akan mudah menyerah karena dagangan tidak kunjung laku. *pengalaman pribadi*

Mengenai jenis produknya, bisa berbentuk produk fisik, jasa, ataupun digital.
  • Contoh produk digital, bisa berupa pulsa, ebook, produk-produk informasi, kursus online, software.
  • Contoh jasa, bisa dengan menyediakan jasa pembuatan website, jasa online marketing, rental mobil, agen tour & travel, agen umroh & haji, jasa pembayaran tiket pesawat dan kereta api, dan jasa-jasa yang lain.
 
Tidak usah terlalu detil, yang penting Anda mempunyai gambaran besar mengenai rencana Anda dan memahami pola pemasaran online.

3.  Promosi Online


Setelah website jadi, Anda bisa mengisinya dengan informasi produk / jasa yang Anda miliki. Isilah website dengan konten yang meyakinkan.

contoh cara promosi online,contoh promosi online,kata kata cara promosi online,cara promosi online makanan,cara promosi online shop di facebook,ide promosi online,cara memunculkan kebutuhan dalam promosi online,contoh kalimat promosi bisnis online
Promosi Secara Online

Gunakan kata-kata yang memang pantas untuk Anda tampilkan di website, karena ini akan menjadi sarana promosi dan kantor online Anda.

Untuk materi konten web-nya, tampilkan yang simpel-simpel saja dulu, dan sebisa mungkin memuat informasi sebagai berikut :

Profil usaha.
  • Galeri gambar produk / jasa beserta keterangannya.
  • Alamat usaha lengkap dengan cara menghubungi Anda.Cara pemesanan dan form order nya.
  • Logo usaha / bisnis.

Mengenai logo, menurut saya itu tidak boleh dianggap sepele oleh karena itu kamu bisa membawa dampak yang luar biasa bagi entitas usaha dan bisnis kamu itu,

Yakni pengakuan dan trust / kepercayaan dari calon konsumen maupun pelanggan.

Sumber :
https://webhostmu.com/cara-memulai-bisnis-online-bagi-pemula/
 
Demikianlah informasi tentang, 3 Langkah Membangun Bisnis Online Toko Online, Semoga informasi, Bisnis Online Terbaru, Bermanfaat bagi pembaca di blog kami ini, sekian dan Terima Kasih,
Nazir
I graduated S1, Informatics Engineering Department,

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter