Ads 720 x 90

4 Tips Dasar Memulai Berkarir Menjadi Desainer Grafis

INFONAZ.COM - Ketika seseorang telah menetapkan untuk berkarir di bidang desain grafis, tentunya ia sudah sudah tahu dan sudah siap dengan segala konsekuensinya, baik itu bekerja secara profesional maupun sebagai freelancer.

desainer grafis terkenal,desainer grafis indonesia,aplikasi desain grafis,menjadi desain grafis
Desainer Grafis

Yang dimaksud profesional disini adalah ketika Anda bekerja pada sebuah perusahaan periklanan atau industri desain grafis, dimana Anda menerima gaji setiap bulan.


Tips Tips Belajar Desain Grafis



Dan pekerjaan freelance adalah ketika Anda bekerja tanpa ada ikatan dengan pihak tertentu. Anda bebas menentukan nasib Anda sendiri.

Terlepas dari kemampuan Anda pada bidang desain grafis ini (yang pasti ketika Anda memutuskan, maka Anda sudah yakin dengan kemampuan Anda sendiri), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Ketika Anda memulai berkarir pada bidang ini, terutama bagi para freelancer yang harus mempunyai kemampuan ekstra selain teknis juga bagaimana berhadapan dengan klien

Tips Menjadi Desain Grafis Dalam Dunia Online


Bila anda memiliki kemampuan dalam hal mendesain sesuatu baik itu logo, kaos, spanduk, ataupun lainnya membuka bisnis yang satu ini adalah suatu pilihan yang tepat.

Dengan skill yang anda miliki, perusahaan besar bukan tidak mungkin bisa melirik dan menggunakan jasa anda.
Untuk menarik lebih banyak konsumen, anda bisa menawarkannya ke forum-forum on-line baik itu land maupun luar negeri rule sedang membutuhkan seorang desainer.

Nah coba kita simak beberapa poin berikut ini yang disarankan oleh para praktisi desain grafis dari berbagai belahan dunia.

Poin ini hanyalah tips dasar, tentunya banyak hal lain yang perlu dipelajari, dan pengalaman akan menjadi guru seiring berjalannya waktu.

Baca juga : 8 Tips Menjadi Desainer Grafis Terbaik

Simak ada 4 tips dasar memulai berkarir menjadi desainer grafis berikut ini :

1. Komunikasi Yang Efektif


Tetap berhubungan dengan klien sangat penting untuk memberikan pekerjaan yang benar-benar memenuhi kebutuhan klien.

Terkadang jiwa idealismu ingin memberikan sesuatu yang lain namun bisa jadi klien mempunya ide sendiri selama proses desain, maka komunikasi yang efektif sangat penting agar tidak terjadi miss dalam penyampain ide/gagasan untuk dituangkan dalam bentuk visual.

Jangan sungkan untuk bertanya kepada klien jika mungkin punya ide atau permintaan khusus dari pekerjaan yang diberikannya daripada ketika Anda sudah bekerja susah payah namun ternyata klien mempunyai gagasan yang jauh berseberangan.

Hal ini tentunya akan menjadikan proses lebih lama. Selain itu, komunikasi yang stabil dengan klien membuat klien merasa bahwa Anda memperhatikan pekerjaan dan peduli hasilnya.  Jika Anda bisa mendapatkan kepercayaan klien, maka ini bisa menjadi kunci untuk pekerjaan dan proyek baru yang terus berlanjut.

2. Harga Yang Sesuai


Pada poin ini bisa menjadi saat yang tepat untuk menunjukkan kemampuan Anda. Ingat, jangan pernah meminta pembayaran dimuka sebesar jumlah yang disepakati karena dapat menakut-nakuti klien dan mereka akan pergi karena mereka tidak selalu bersedia membayar seluruh harga sebelum pekerjaan dilakukan bahkan ketika mereka menyewa desainer yang sangat berpengalaman.

3. Dengarkan Klien


Pastikan Anda tahu apa yang dibutuhkan klien dari Anda. Desain grafis berpengalaman pun terkadang mereka merasa frustasi ketika mereka bekerja total dan bahkan berlebihan dengan harapan klien akan bilang ‘WOW’ namun ketika diajukan ternyata klien hanya meminta sesuatu yang sederhana dan minimalis.

Jadi mintalah klien Anda untuk menentukan gaya yang diinginkan dan tingkat kebebasan dalam menyelesaikan proyek tersebut.

Idealnya adalah klien menunjukkan contoh pekerjaan dengan hasil akhir yang diinginkan. Gunakan waktu sebaik mungkin dengan bekerja pada poin yang jelas daripada bekerja namun Anda hanya menebak-nebak apa yang klien butuhkan.

Baca juga : Tips Lengkap Menjadi Desain Grafis Dalam Dunia Online

4. Mencintai Pekerjaan


Mencintai pekerjaan adalah kunci keberhasilan dalam bisnis. Anda tentu bisa membayangkan bagaimana saat bekerja dalam kondisi tertekan dan terpaksa dengan bekerja dengan perasaan yang senang.  Sebuah perasaan cinta akan menuntun Anda mendapatkan inspirasi dan kreativitas dengan lebih mudah.

Anda tidak akan merasa bosan berjam-jam duduk didepan komputer dengan setumpuk pekerjaan ketika Anda mencintai pekerjaan yang sedang Anda lakukan. 

Dan ketika rasa bosan sering melanda bahkan menciptakan kegalauan yang berkepanjangan, maka saya rasa pekerjaan desain grafis tidak cocok bagi Anda.

Demikian Informasi Dunia Bisnis Online, Bisnis Online Terbaru, Bisnis Online Terpercaya, Tentang Bisnis Online, tentang, 4 Tips Dasar Memulai Berkarir Menjadi Desainer Grafis, Semoga informasi yang kami sharingkan mendapatkan manfaat bagi pembaca di dalam blog kami in, sekian dan terima kasih.
Nazir
I graduated S1, Informatics Engineering Department,

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter