Cara Budidaya & Memilih Indukan Yang Bagus (Ikan Guppy)

INFONAZ.COM - Ikan guppy merupakan ikan yang dicari keindahannnya. Sekilas memang ikan hias ini terlihat seperti ikan cupang. Namun perbedaannya, Guppy merupakan ikan hias yang damai dengan lingkungan sekitar dan dengan sesama ikan hias lainnya.
jenis ikan guppy biasa,ikan guppy berasal dari negara,jenis ikan guppy lokal indonesia,budidaya ikan guppy,ikan guppy koi,ikan guppy cobra,ikan guppy berkualitas
Ikan Guppy

Cara Budidaya & Memilih Indukan Yang Bagus (Ikan Guppy)


Ikan ini juga bisa disatukan dalam satu tempat dengan ikan guppy lainnya dan bisa semakin memperindahkan aquarium karena menari-nari bersama.

Karena sebagai ikan hias, itulah mengapa pemilihan indukan yang tepat sangatlah diperlukan demi keturunan yang lahir memiliki bentuk tubuh yang baik, warna ekor yang memukau dan indah.

Cara Memilih Indukan Guppy Yang Berkualitas


Berikut ini adalah 5 Cara memilih indukan Ikan Guppy yang bagus

1. Usia ikan

Faktor usia menjadi poin utama yang harus diperhatikan dalam mencari indukan ikan hias, Hal ini karena tidak bisa mengharapkan ikan ini dapat berkembang biak secara baik jika usia ikan belum pas.

Banyak yang tidak tahu bahwa ukuran tubuh Dari ikan bukanlah satu-satunya faktor untuk mengetahui berapa umur ikan hias ini.

Walau berukuran cukup besar, namun bukan berarti usia sudah benar-benar siap untuk dibudidayakan.

Lalu berapa usia yang pas?

Rentang usia untuk ikan yang dijadikan indukan adalah four sampai 4 bulan.

Baca juga : Resep Sambal Terasi Khas PoCut
 
Umur ini ditandai dengan terlihatnya jenisnya terlihat matang, warna ikan yang terlihat jelas, dan juga ekor sudah terlihat jelas pertumbuhannya.

2. Perilaku ikan

Jika syarat wajib yaitu soal umur ikan telah dimengerti, maka ketahuilah syarat lainnya yang harus diperhatikan jika ingin mendapatkan indukan yang berkualitas. Syarat tersebut adalah perilaku.

Apa maksudnya?

Saat ini kami memilih indukan guppy maka harus mengamati terlebih dahulu dan melihat apakah perilaku ikan tersebut sehat atau tidak dan cara membedakan ikan guppy yang sehat atau tidak pun sangatlah mudah.

Baca juga : Resep Pepes Ikan Bumbu Tumis Khas Pocut

Jika terlihat gesit, lincah dan suka makan maka bisa dipastikan ikan tersebut dalam keadaan sehat.

Namun sebaliknya, jika sang ikan terlihat murung atau berdiam diri dan tidak bergaul dengan lingkungannya maka bisa jadi ikan tersebut sudah tidak sehat dan tidak cocok untuk dijadikan sebagai indukan.

Cara Memilih Ikan Guppy Yang Bagus


3. Fisik ikan

Sudah pasti, pemilihan ikan hias guppy dengan fisik yang baik adalah hal yang juga harus diperhatikan.

Dari segi fisik, pemilihan indukan yang baik dibagi menjadi duanya. Yang pertama, lihatlah fisiknya apakah lengkap dan sehat atau tidak.

Hal fisik pertama ini tentu mudah dilakukan karena hanya melihat kelengkapan tubuh dari ikan.

Anda bisa melihat dan memilih ikan mana yang memiliki warna dan corak yang baik serta juga ekor yang merumbai indah dan memiliki pangkal ekor yang besar.

Baca juga : 5 Resep Kuah Terenak Khas Aceh

Akan ketapi sebagai catatan, pemilihan indukan dari segi keindahan fisik adalah untuk ikan pejantan.

Sedangkan untuk semua ikan guppy betina rata-rata memang tidak memiliki tubuh yang begitu menarik atau terlihat gemuk walaupun tidak hamil, kusam, dan juga kurang menarik.

Faktor fisik indukan terutama dari fisik ikan guppy jantan ini sangatlah berpengaruh pada burayak yang akan dilahirkan nantinya.

Jadi pasti lah dengan baik ketika memilih indukan dengan fisik yang tidak memiliki kecacatan.

4. Kemurnian

Ikan guppy merupakan ikan yang memiliki jenis yang sangat banyaknya, Perbedaan dari corak, warna dominan dan juga kekhasan dari ekor ikan hias guppy jumlahnya sangat banyak.

Namun jika ingin membudidayakannya kamu harus usahakan untuk mendapatkan indukan ikan guppy yang aslinya.

Baca juga : Resep Kuah Lemak Ikan/Udang Khas PoCut

Usahakan untuk tidak mendapatkan indukan yang merupakan hasil dari perkawinan silang.

Tujuannya jika kamu ingin mengawinkan silang dari jenis ikan guppy murni yang berbeda maka hasilnya bisa lebih pasti.

5. Riwayat Makanan

Perlu diketahui, selain soal faktor fisik ada pula faktor makanan yang juga menentukan keturunan. Hal ini tentu menjadikan Anda sebagai pemilih indukan ikan guppy harus mencari ikan yang memang memiliki riwayat makanan yang baik.

Ikan yang sudah terbiasa makan makanan alami seperti jentik nyamuk, atau cacing sutra biasanya lebih sehat dan lebih bisa diharapkan keturunannya berkualitas baik.

Itulah mengapa Anda sebagai pemilih indukan harus berusaha mencari ikan guppy yang memakanan makanan ikan yang baik.

Setelah mengetahui cara pemilihan indukan yang tepat, ada pula hal lain yang harus Anda ketahui yaitu soal cara pembudidayaan tepat.

Baca juga : Resep Kuah Asam Keueng Khas Aceh

Walau tergolong mudah, namun agar ikan guppy mau berkembang biak dan tidak stres maka ada cara-cara khusus yang harus diperhatikan seperti memperhatikan tempat-tempat pemijahan, pengaturan jumlah makanan saat masa kawin,

Setelah burayak muncul pun Anda juga harus mengerti bagaimana pemijahan yang tepat agar burayak bisa tumbuh besar dengan sehat dan cepat serta memiliki corak yang memukau.

Demikian informasi tentang, Cara Budidaya & Memilih Indukan Yang Bagus (Ikan Guppy), Semoga informasi yang kami sharingkan Cara Budidaya Ikan Guppy, terima kasih sudah pengunjung ke blog kami, dibantu dukungnya untuk blog kami ini,

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Budidaya & Memilih Indukan Yang Bagus (Ikan Guppy)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel