Ads 720 x 90

10 Manfaat Air Ketumbar untuk Kesehatan

Apa itu Air Ketumbar?

10 Manfaat Air Ketumbar untuk Kesehatan
10 Manfaat Air Ketumbar untuk Kesehatan

Ketumbar adalah tumbuhan rempah-rempah yang paling populer yang buahnya kecil dikeringkan dan diperdangankan, baik digerus maupun tidak. Bentuk yang tidak digeruskan yang mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm.

Dalam perdangangan obat ia yang dinamakan fuctus coriandri kalau di dalam bahasa inggris dikenal sebagai coriander dan di Amerika Latin yang dikenal sebagai cilantro yang tumbuhan ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia.

Berbagai jenis yang masakan tradisional indonesia kerap menggunakan bumbu berupa biji berbentuk butiran beraroma keras yang dinamakan ketumbar, dengan tambahan bumbu tersebut, aroma masakan akan lebih nyata.

Biasanya tumbuhan ini ditanam yang di kebun-kebun daerah dataran rendah dan pegunungan. Seperti halnya seledri dan tumbuhan ini hanya mencapai ketinggian satu meter dari tanah dan daunnya hijau dengan tepian bergerigi.

Sedangkan untuk bunga mejemuknnya berbentuk payung bersusun berwarna putih dan merah muda, Disana biji yang dikeringkan di beberapa daerah, ketumbar sering diberikan nama yang berbeda-beda.


Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan


Manfaat Ketumbar untuk kesehatan, hal ini ternyata berlaku juga untuk ketumbar, selain bermanfaat sebagai penyada rasa, Ketumbar juga bisa membantu berbagai masalah tubuh terkait dengan kesehatan dan kecantikannya.

Baca juga : Kesehatan Reproduksi, Menjaga, Program, Masalah Reproduksi Remaja

Penasaran apa saja manfaat ketumbarnya? Nah berikut ini adalah 10 diantarannya yang paling populer!

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan


Manfaat air ketumbar yang pertama adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan dan perawatan rutin menggunkan ketumbar dapat mengatasi sindrom iritasi usus besar dan ketumbar juga bisa mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan perut kembung, sembelit, cacingan.

Kandungan antioksidan yang ada di dalam biji ketumbar dipercaya dapat membantu pergerakan usus dan membantu produksi enxim pecernaan anda.

2. Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut


Manfaat air ketumbar yang kedua adalah dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut anda dan ketumbar memiliki sifat anagetik sehingga dapat membantu anda meredakan sakit gigi dan mulut adalah bakteri yang jahat terhadap gigi dan mulut anda.

Selain itu juga air ketumbar juga memiliki sifat antibakteri sehingga baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulu anda karena salah satunya penyabab utama masalah dari pada gigi dan mulut anda adalah bakteri.

3. Mengatasi Infeksi Jamur Dan Bakteri


Selainnya dapat juga mengatasi infeksi bakter dan manfaat ketumbar lainnya adalah dapat mengatasi infeksi akibat jamur dan manfaat ini membuat ketumbar banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit akibat jamur.

4. Baik Untuk Penderita Diabetes


Manfaat air ketumbar selanjutnya adalah baik untuk penderita diabetes dan rempah yang memiliki kandungan serat tinggi ini ternyata juga dapat bekerja nenurunkan kadar gula dalam darah sehingga dianggap baik untuk dikonsumsi penderitas diabetes.

Meskipun begitu, sangat disarankan untuk penderita diabetes tetap memeriksakan kadar gula darahnya secara rutin atau ratur untk mengetahui efektivitas penggunaan ketumbar ini.

Baca juga : Program Kesehatan Ibu Dan Anak Di Puskesmas

5. Mengatasi Wasir


Manfaat ketumbar lainya adalah untuk mengatasi wasir. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketumbar ampuh untuk mengatasi sembelit atau konstipasi yang merupakan salah satu penyebab dari wasir, Selain melancarkan buang air besar dan sifat analgesik dari ketumbar juga memungkinkan dapat meredakan nyeri akibat wasir.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat


Kolesterol yang jahat di dalam darah kita juga dapat membantu plak yang nantinya akan menghambat peredaran darah dan menggangu juga fungsi jantung kita.

7. Meringakan Nyeri Sendi


Air ketumbar juga dipercaya dapat meringankan sakit akibat hernia, namun manfaat ini kemungkinan hanya sekedar untuk meringankan gejala saja, bukan untuk mengatasi penyabab utama penyakit.

8. Mengatasi Batuk dan Pilek


Air ketumbar juga bisa menjadikan salah satu pilihan untuk mengatasi batuk dan pilek dan manfaat ketumbar satu ini didapatkan dari kandungan vitamin C didalamnya.

Vitamin C merupakan antioksidan alami yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hali ini lah yang membuat ketumbar dipercaya dapat mempercepat penyembuhan bantuk dan pilek.

9. Menjaga Kesehatan Kulit


Ketumbar juga dipercaya memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan kulit dan antibakteri dalam ketumbar mampu untuk mengatasi jerawatn. Selain itu, ketumbar juga dipercaya dapat mengatasi kulit berminyak meremajakan kulit, Hingga mencerahkan kulit dan ketumbar juga tentunnya dapat menghindarkan kulit dari iritasi dan infeksi.

10. Manfaat Ketumbar untuk Rambut lebih lebat


Selanjutnya terdapat juga manfaat ketumbar untuk rambut dan ketumbar dapat membantu menguatkan akar rambut dan merangsung pertumbuhan rambut, dan selain itu cobat kemiri yang sudah sering digadang-gadang sebagai rempah yang baik untuk rambut dan sekarang anda juga bisa memcoba ketumbar dan melihat sendiri efeknya pada rambut anda.


Baca juga : Makanan Wajib Untuk Kesehatan Jantung Anda

Cara Menggunakan Ketumbar


Untuk menggunakan ketumbar sebagai obat herbal adalah dengan cara meminum air rebusannya dan cara lainnya adalah dengan cara menambahkan ketumbar dengan jumlah yang lebih banyak ke dalam masakan.

Konsumsi ketumbar harus juga dalam jumlah sewajarnya dan tidak berlebihan. Jika ingin benar-benar menggunakann sebagai herbal, sebaiknya konsultasikan dulu sebelumnya dengan dokter dan ahli herbal.

Bolehkan ibu hamil & menyusui mengonsumsi ketumbar?


Banyak sekali yang bertanyak-tanyak tentang manfaat ketumbar untuk ibu hamil dan meyusui. Ternyata manfaat ketumbar untuk ibu hamil dan menyusui memang ada, akan tetapi buka berasal dribiji ketumbar dan melainkan dari daun ketumbar yang memiliki kandungan asam folat.

Penggunan biji ketumbar sebagai obat herbal memang tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui dan sedangkan untuk penggunaan ketumbar sebagai bumbu dapur masih diperbolehkan.

Efek Samping Ketumbar


Tidak semua orang dapat mengonsumi ketumbar sebagai obat herbal yang salah satunya ibu hamil dan meyusui seperti yang sudah disebutkan di atas.

Selain itu terdapat juga beberapa kondisi lain yang membuat seseorang tidak disarankan untuk mengonsumsi ketumbar seperti penderita penyakit hati. Penderita gangguan pernapasan pemilik kulit sensitif dan orang yang alergi terhadap ketumbar.

Beberapa efek samping yang mungkin muncul dari penggunaan ketumbar adalah seperti muntah, mual, nafsu makan menurun, sakit kepala, dan sakit perut. Sedangkan pada orang yang hipersensitif pada ketumbar maka akan muncul gejala alergi seperti gatal, ruam merah, mata berair dan reaksi alergi lainnya.

Sebagain dari manfaat ketumbar di atas telah dibuktikan secara ilmiah dan sebagai lainnya juga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut dan efeknya penggunaannya pada setiap orang juga berbeda-beda.

Maka dari itu penggunaan sebagai obat herbal harus dilakukan dengan hati-hati. Sedangkan untuk penggunaan ketumbar sebagai bumbu dapur relatif aman untuk dilakukan.

Demikianlah informasi tentang, 10 Manfaat Air Ketumbar untuk Kesehatan, Semoga informasi yang kami sharingkan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca blog kami, saran dan comentar kami tunggu selalu. sekian dan terima kasih..
Nazir
I graduated S1, Informatics Engineering Department,

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter