Ads 720 x 90

Apa itu Kehamilan? Penyebab Kehamilan & Gejalanya

Apa Itu Kehamilan?

 Kehamilan
 Kehamilan

Kehamilan adalah suatu masa yang di mulai dengan pembuahan antara sperma dan sel telur dan berakhir dengan permulaan persalinan, ibu yang mengandung selama 9 bulan 10 hari lebih, tidak jarang ibu mengalami hal ini :
  1. Perdarahan dari kemaluan
  2. Oedem (bengkak) dimuka atau anggota gerak (tangan dan Kaki)
  3. Sakit kepala yang hebat
  4. Penglihatan yang kabur
  5. Nyeri perut yang sangat
  6. Mual muntah yang hebat
  7. Demam

Apa yang harus Ibu lakukan saat kehamilan?


Memeriksakan kehamilannya, seberapa sering ibu berkunjung kebidan – Berdasarkan program kunjungan :
  • Satu kali pada triwulan satu 1 : < 14 Minggu
  • Satu kali pada triwulan satu 2 : 14-28 Minggu
  • Satu kali pada triwulan satu 3 : 28-36 Minggu

Menjaga kebersihan – kebersihan badan (mandi, keramas, menggosok gigi). kebersihan pakaian (pakaian yang tidak menekan badan dan memakai sepatu hak rendah). buang air besar (banyak minum, gerak badan yang cukup, makanan yang banyak mengandung serat seperti buah dan sayuran)

Gizi dan kehamilan : Makanan yang diperlukan ibu hamil yaitu yang mengandung karbohidrat yang tinggi, Protein, Garam-garaman, Lemak, Kalsium dan vitamin-vitamin juga perlu di minum yang banyak.

Meskipun secara umum menyantap menu seimbang belum menjamin ibu hamil mendapat cukup zat gizi yang dibutuhkannya, tambahan beberapa zat gizi khusus juga dianjurkan karena dibutuhkan dalam jumlah lebih banyak dan kekurangannya dapat berakibat serius.

Baca juga : Program Kesehatan Ibu Dan Anak Di Puskesmas


Penyebab Kehamilan


Pembuahan janin manusia dapat dicapai dengan dua metode yang berbeda: hubungan seksual atau dengan menggunakan teknologi reproduksi.

Dalam kasus penggunaan teknologi reproduksi, seorang ahli kesehatan yang berkualifikasi akan membantu dengan menggunakan alat tiruan atau, dalam beberapa kasus, tidak seluruhnya menggunakan alat tiruan.

Pada kebanyakan kasus, orang dengan masalah kemandulan akan mencari bantuan teknologi reproduksi untuk menolong mereka agar dapat hamil.

Pembuahan janin dengan menggunakan teknologi reproduksi mencakup antara lain penggunaan obat untuk merangsang serta meningkatkan perkembangan sel indung telur pada rahim perempuan.

Obat yang digunakan mengandung bahan-bahan yang dapat melepaskan hormon gonadotropin, inseminasi buatan yang meruapakan salah satu sarana reproduksi buatan yang paling populer dan biasanya dilakukan dengan menempatkan sperma pada serviksnya.

Atau bisa juga rahim perempuan yang (Tidak dilakukan secara alami dan tanpa adanya keterlibatan langsung dari alat kelamin pria). Inseminasi buatan biasanya cukup tradisional saja dan dilakukan pun oleh perempuan secara pribadi.

Teknologi reproduksi lain yang umum digunakan adalah pembuahan in vitro, yang melibatkan pembuahan sel telur oleh sperma di luar tubuh perempuan, hasil dari proses pembuahan tersebut, yakni Embrio dan kemudia akan dimasukan kembali melalui Vagina atau rahim sang ibu tersebut.

Baca juga : Makanan Wajib Untuk Kesehatan Jantung Anda

Gejala-gejala Utamanya


Saat perempuan hamil, ia mengalami beberapa tanda yang menunjukkan kondisi kehamilan. Gejala yang umum ditemui mencakup mual dan muntah, sering merasa lelah berlebihan, munculnya nafsu atas makanan tertentu yang tak biasa dan sering ke kamar mandi saat malam hari untuk buang air kecil.

Gejala-gejala tersebut biasanya terjadi pada beberapa pekan pertama setelah sel telur dibuahi. Banyak ahli kesehatan yakin bahwa gejala-gejala tersebut sebenarnya tidak bersifat umum dan tidak dapat digunakan sebagai penunjang diagnosis sehingga gejala-gejala tersebut tidak dapat digunakan sebagai tanda-tanda pasti kehamilan.

Vagina, kemaluan dan saluran rahimnya akan menghitam (dikenal dengan Tanda Chadwick) dan suhu basal tubuh menjadi lebih tinggi selama dua pekan atau lebih setelah pembuahan, Siapa yang harus ditemui dan jenis-jenis perawatan yang tersedia

Untuk memastikan kehamilan, seorang perempuan sangat dianjurkan untuk menemui ahli kandungan atau spesialis dalam bidang obstetrik dan ginekologi. Ahli kandungan dapat mendiagnosis kehamilan dengan tepat melalui tes darah, urin, serta melalui tanda-tanda biologis lainnya.

Biasanya seorang ahli kandungan akan memberi resep berupa vitamin dan menganjurkan beberapa perubahan pola hidup demi menjaga kesehatan ibu dan janin.

Baca juga : Jenis-jenis Olahraga Dan Senam Untuk Kesehatan Jantung Anda

Demikian informasi tentang, Apa itu Kehamilan? Penyebab Kehamilan & Gejalanya, Semoga informasi yang telah kami sharingkan di blog kami bermanfaat bagi pembaca dan pengunjung kami, Saran dan Komentar kami tunggu selalu, Sekian Dan Terima Kasih...
Nazir
I graduated S1, Informatics Engineering Department,

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter