Kesehatan Reproduksi, Menjaga, Program, Masalah Reproduksi Remaja

Kesehatan Reproduksi
Kesehatan Reproduksi

Kesehatan Reproduksi?


Kesehatan reproduksi adalah segala sesuatu yang menyangkut kesehatan seksual dan pendidikan seksual yang bertujuan untuk mencegah, menjaga, dan mengembalikan fungsi organ seksual dari gangguan.

Sering kali kesehatan reproduksi kespro hanya dikaitkan sebagai urusan perempuan, Hal ini dikarenakan kespro dianggap tidak lebih dari kehamilan dan kelahiran (fungsi keturunan).

Padahal kalau kita liahat dari definisinya ada hubungan setara antara pasangan bahwa kespon adalah urusan bersamaan yang bukan hanya perempuan.

Menjaga Kesehatan Reproduksi

Hal apa saja yang harus dilakukan pasangan di Indonesia dalam menjaga kesehatan reproduksi?
Pasangan harus memiliki pemahaman komprehensif tentang kesehatan reproduksi

Informasi yang akurat dan lengkap dari sumber terpercaya tentang Kesehatan Reproduksi, Kunjungi petugas kesehatan dan tanyakan: bagaimana perilaku yang sehat untuk menjaga organ reproduksi dan seberapa sering kontrol harus dilakukan.

Pasangan melakukan komunikasi yang baik dan terbuka dalam membicarakan kesehatan reproduksi.

Luangkan waktu yang untuk mendiskusikan dengan pasangan anda untuk kebaikan bersama juga.

Suami mendukung isteri agar menjaga kesehatan reproduksinya.


Peran suami sangat besar dalam mendukung istri mencapai kesehatan reproduksi. Pada kasus dimana perempuan kurang berdaya dalam menyuarakan kepentingan atau haknya, perempuan menjadi tergantung, pasif, dan rentan.

Kerentanan perempuan mungkin juga karena secara sosial dan kultural kurang berdaya untuk menyuarakan kepentingan/haknya pada pasangan seksualnya demi keamanan, kenyamanan, dan kesehatan dirinya. Faktor ekonomi juga seringkali mengkondisikan kerentanan perempuan.

Suami yang mengingatkan dan menemani istri periksa atau berkonsultasi Kesehatan Reproduksi ke tenaga kesehatan.

Manfaatkan aplikasi SKATA untuk mencari bidan atau rumah sakit terdekat yang mampu memfasilitasi dengan informasi-informasi terkait kesehatan reproduksi.

Baca juga : Program Kesehatan Ibu Dan Anak Di Puskesmas

Program Kesehatan Reproduksi Remaja


Permasalahan remaja yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi, sering kali berakar dari kurangnya informasi, pemahaman dan kesadaran untuk mencapai keadaan sehat secara reproduksi.

Banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan hal ini yang mulai dari pemahaman mengenai perlunya permeliharaaan kebersihan alat reproduksi yang pemahaman mengenai proses-proses reproduksi serta dampak dari perilaku yang tidak bertanggung jawab seperti kehaliman tak di inginkan, Aborsi penularan penyakit menular seksual termasuk HIV.

Topik Program Kesehatan Reproduksi Remaja merupakan topik yang perlu diketahui oleh masyarakat khususnya para remaja agar mereka memiliki informasi yang benar mengenai proses reproduksi serta berbagai faktor yang ada disekitarnya.

Dengan informasi yang benar diharapkan remaja memiliki sikap dan tingkah laku yang bertanggung jawab mengenai proses reproduksi, dalam hal ini Kesehatan Reproduksi remaja adalah suatu kondisi sehat yang menyangkut sistem fungsi dan proses reproduksi yang dimiliki oleh remaja.

Informasi Program Kesehatan Remaja ini juga akan memberikan pelayanan informasi tentang Kesehatan Remaja yang dilakukan oleh pemerintah maupun yang diselenggarakan oleh lembaga non pemerintah serta implementasinya di kalangan masyarakat khususnya para remaja.

Baca juga : Makanan Wajib Untuk Kesehatan Jantung Anda

Masalah Kesehatan Reproduksi Remaja


Terdapat indikasi pada remaja - baik di perkotaan maupun perdesaan - yang menunjukkan meningkatnya perilaku seks pra-nikah.

Namun, menarik dipertanyakan adalah apakah mereka memahami resiko-resiko seksual yang menyertainya?

Berdasarkan studi di 3 Kota Jawab Barat (2009), perempuan remaja lebih takut pada resika social (antara lain takut kehilangan keperawanan virginitas, takut hamil di luar nikah karena jadi bahan gunjungan masyaratkan) dibanding resiko seksual, khususnya menyangkut kesehatan reproduksi dan kesehatan seksualnya.

Bahkan, dalam jangka waktu tertentu, ketika perempuan remaja menjadi ibu hamil, maka kehamilannya dapat mengancam kelangsungan hidup janin/bayinya. 

Pada dasarnya, kerentanan perempuan, bukan hanya karena faktor biologisnya, namun juga secara sosial dan kultural kurang berdaya untuk menyuarakan kepentingan/haknya pada pasangan seksualnya demi keamanan, kenyamanan, dan kesehatan dirinya.

Kepasifan dan ketergantungan sebagai karakter feminin yang dilekatkan pada perempuan juga melatari kerentanan tersebut. Faktor ekonomi juga mengkondisikan kerentanan perempuan. 

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengkompilasi, masalah kesehatan reproduksi remaja yang telrjadi di seluruh dunia, yang dapat menjadi bahan pembanding untuk masalah yang sama di Indonesia, atau asumsi kejadian di Indonesia bila belum tersedia datanya.

Pembuat keputusan, juga penting untuk para pendidikan dan penyelenggara program bagi remaja, agar dapat membantu menurunkan masalah kesehatan reproduksi remaja.

Baca juga : Jenis-jenis Olahraga Dan Senam Untuk Kesehatan Jantung Anda

Sumber :

Demikian informasi tentang, Kesehatan Reproduksi, Menjaga, Program, Masalah Reproduksi Remaja, Semoga informasi yang kami sharingkan di blog kami bermanfaat informasinya. Saran dan comentar kami tunggu.. Sekian dan Terima kasih.

0 Response to "Kesehatan Reproduksi, Menjaga, Program, Masalah Reproduksi Remaja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel