Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis

Apa itu Nama Domain?


Saat memulai Bisnis Online anda harus tentukan dulu arahnya kemana contoh penjualan produk atau jasa lah yang akan dilakukan secara online, Oleh karena itu umunya sih pebisnis online menggunakan website Domain Bisnis atau media sosial sebagai medianya.

Kalau kita bicarakan nama domain biasa disebut juga alamat website atau blog, yaitu adalah nama yang unik diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer sepertia website server atau email server di jaringan komputer atau pun di internet.

Kami berikan contoh nama domain yang terkenal di dunia, Google.co.id, Yahoo.com, di indonesia pun ada yang terkenal juga seperti, Rumahweb,

Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis
Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis

Dan isi dari website yang inginkan diakses tersebut diletakkan di dalam hosting, Seperti file PHP, codeiginter, dan lainya. Jika anda masih bingung, anda dapat menganalogikan dengan rumah, dimana nama domain adalah alamat rumahnya (Alamat Websitenya).

Sedangkan setelah mengakses anda bisa menemukan rumahnya (Isi atau Kontentnya). Nama domain ini biasanya bersifat unik, artinya tidaklah ada dua situs yang akan memiliki nama yang sama persisnya.

Domain merupakan sebuah syarat yang utama bagi pembuatan buat situs atau blog bagi seorang pebisnis online yang aktif itu pasti. Nama domain ini bisa diperoleh melalui berikut ini adalah 4 Caranya :

1. Peran Penting Nama Domain


Saat anda membuat sebuah website untuk Bisnis Online, makan anda bisa membuat sendiri dengan banyaknya template, Misalkan macam di blogspot dan WordPress.

Namun, Anda juga bisa meminta bantuan tenaga profesional yang akan membangun domain dengan hosting milik kita sendiri.

Kalau kita bicarakan masalah domain harganya itu bervariasi, banyak sekali penyedia, Domain Murah dan Hosting Murah, jangan takut dengan harganya yang mahal, harganya berkisar Rp. 100.000-an saja sich, ini lebih baik dari pada anda harus beriklan di social media atau sekedar memberi followers.

2. Bagaimana Cara Kerja Domain?


Cara kerjanya domain layaknya shortcut yang akan mengarahkan kita ke server yang mengonlinekan website anda. Tanpa domain, orang-orang akan memasukkan alamat IP untuk mengakses dan membuka website anda.

Hanya saja, alamat IP sangatlah panjang dan sulit untuk diingat atau tidak efektif jika ingin diiklankan. Seperti yang telah anda ketahuikan, menyalah gunakan server default dan alamat IP hanya akan membuat anda bingung dan membuang-buang waktu saja.

Domain juga bisa memanfaatkan redirect atau pengalihan yang umumnya memudahkan Anda untuk menentukan apakah dengan mengakses domain Anda, para pengunjung secara otomatis dialihkan ke situs lain.

Metode ini juga sangat berguna untuk campaign dan miscosites atau untuk mengalihkan pengunjung ke halaman lading didicated di situs anda pastinya. Opsi pengalihan (Redirect) juga merupakan opsi terbaik untuk menghindari kesalahan penulisan domainnya.

Misalnya, Anda ingin membuka Facebook. Alih-alih mengetik alamat yang benar, Anda malah memasukkan www.facebook.com Oleh karena ada opsi redirect, maka anda kemudian akan dialihkan ke situs yang resminya, yakni www.facebook.com contohnya.

3. Berbagai Tipe Domain


Tidak semua nama domain yang akan mengikuti formulan dan aturan yang sama juga sich. Meskin pun domain com, paling banyak digunakan sekitar 46.5.% website global, masih ada domain lain yang bisa kamu pilih seperti net dan org.

Berikut Beberapa Tipe Domain Yang Paling Banyak Digunakan :

Top Level Domains

Seperti namanya tipe nama domain ini merupakan top level dari sistem nama domain di internet juga, tersedia ribuan TLD yang bisa kamu gunakkan akan tetapi yang paling banyak digunakkan antaranya adalah Com, Net, Org, dan lainnya.

Daftar TLD resmi dikelola oleh organisasi yang disebut Internet Assigned Numbers Authority (IANA) dan dapat Anda lihat di sini. IANA yang mencatat bahwa daftar TLD juga menyertakan ccTLD dan Gtld yang akan kami bahaskan sebentar lagi.

County Code Top Level Domains

ccTLD memuat domain yang hanya terdiri atas dua huruf dan didasarkan pada kode negara internasional misalnya .us untuk United States dan .jp untuk Jepang.

Biasanya ccTLD diggunakan oleh perusahaan yang membuat dedicated situs untuk area-area tertentunya.

Domain-domain tersebuat akan tampil sebagai (Sinyal) bahwa suatu situs berada di negara atau wilayah yang akan di targetkan oleh penggunanya.

Generic Top Level Domain

Pada dasarnya, Generic Top Level Domain adalah TLD yang tidak menggunakan kode negara, Sebagai besarnya Generic Top Level Domain ditujukan untuk penggunaan website yang spesifik. Misalnya untuk .Edu untuk website institusi pendidikan.

Sampai dsini anda sudah memahami bahwa anda tidaklah perlu memnuhi syarat tertentu untuk Regester Generic Top Level Domain sebagai contohnya com, yang tidak selalu ditujukan untuk situs atau website komersil.

Contoh yang lain nya dari penggunaan Generic Top Level Domain adalah .mil (Militer), Gov (Pemerintahan), org (Lembaga nirlba dan organisasi),

Dan net yang awalnya dibuat sebagai nama domain untuk penyedia layanna internet (ISPs) tapi sekarang bisa digunakan dibidang apa saja.
Tipe Nama Domain yang Lain

Kami telah menyebutkan tipe nama domain yang sering digunakan. Sekarang kami akan memperkenalkan variasi lain yang bisa Anda gunakan :

Second Level Domain

Mungkin juga kamu sudah pernah melihat atau mengetahui tentang tipe nama domain ini sebelumnya, Kali ini kami akan membahaskan tentang domain yang berada tepat setelah Top Level domain.

Perlu Anda ketahui, di sini kami tidak akan membahas istilah teknis.

Kami akan menjelaskan topik ini melalui contoh yang mana lebih mudah untuk dipahami, apalagi jika berkaitan denan kode negara, Sebagai contoh, alih-alih .com, perusahaan di Inggris akan menggunakan .co.uk.

Inilah contoh penggunaan second level domain. Contoh lainnya, .gov.uk biasanya digunakan oleh institusi pemerintah dan .ac.uk digunakan oleh institusi akademik dan universitas.

Subdomain

Sub domain tidak mewajib kan webmaster untuk membeli domain tambahan jika ingin menambahkan divisi di situs mereka, Webmaster kini bisa membuat subdomain yang bisa diarahkan ke direktori tertentu pada server.

Subdomain merupakan opsi terbaik utuk situs campaign dan tipe web konten lainnya yang sebaiknya dibuat terpisah dari halaman atau beranda utama.

Sebagai contoh yang dapat kami berikan adalah macam, Facebook yang menggunakan Developers.Facebook.com untuk menyediakan informasi yang spesifik pada developer web dan developer aplikasi yang hendak memanfaatkan Facebook Api.

4. Cara Daftar Domain

Masing-masing penyedia domain atau hosting menggunakan sistem yang berbeda dan proses daftar domainnya pun tergantung pada provider.

Apa itu Bisnis?


Bisnis sendiri menurut admin yang telah lama menggeluti dunia bisnis sendiri dapat mengartikan merupakan usaha yang dikelola baik perorangan maupun kelompok untuk proses jual beli barang dan jasa sebagai pelengkap kebutuhan masyarakat pada umumnya.

Mengapa Domain Penting untuk Bisnis?


Sebuah nama domain memang sangat penting untuk bisnis karena dengan nama domain itulah bisnis yang kita jalankan akan lebih professional dimata pengguna dan calon pelanggan hingga rekan bahkan partner.

Domain yang akan selalu diingat akan berdampak besar dalam mempengaruhi psikologis orang untuk selalu mengenang bahkan di alam bawah sadar kita.

oleh sebab itu tanpa sadar kita setiap hari disajikan banyak sekali iklan yang kita lihat baik dari media televisi, internet, billboard di jalan raya, banner dan baliho di toko mall dan banyak lagi. dan itu semua bukan tanpa tujuan lho.

Tujuannya adalah bisa mempengaruhi alam bawah sadar sehingga dapat menimbulkan efek selalu mengingat isi iklan yang kita lihat itu dan pada akhirnya akan melakukan pembelian. ya begitulah dahsyatnya sebuah iklan yang di branding dengan penuh mempesona.

Berikut ini adalah 5 faktor Mengapa Domain Penting untuk bisnis kedepannya.

1. Manfaat Pentingnya Domain untuk Bisnis

Jika kita telah mengetahui efek yang ditimbulkan dengan adanya iklan diatas maka saatnya melihat betapa sangat bermanfaatnya nama domain untuk bisnis. dan berikut merupakan manfaat yang admin sendiri telah mengalaminya

2. Domain unik menarik dapat menekan pola pembelian

ya, domain unik dan menarik akan dapat menghasilkan banyak keuntungan jika usaha bisnis kita yaitu jual beli barang. wajib diketahui bahwa antara usaha bisnis harus se linear dengan nama domain yang akan kita gunakan.

3. Dengan Domain bisa melacak keakuratan Lokasi bisnis

Manfaat ini juga menjadi primadona yakni dengan domain pula lokasi bisnis akan mudah ditemukan dan akurat sehingga pembeli tidak akan pernah ragu akan bisnis yang dijalankan pengusaha ini. bagaimana caranya? dengan memakai kode Maps Google di halaman website domain tersebut.

4. Berkat Domain Bisnis jadi saling terhubung

Kelebihan lain adanya domain yaitu bisa memasang dan menampilkan informasi kontak lengkap seperti Nomor telepon , whatsapp, email yang diletakkan pada halaman website di domain bisnis tersebut. sehingga sangat jelas bahwa ada interaksi antara penjual dan pembeli berkat alamat domain tersebut

5. Karena Domain juga dapat di integrasikan ke Sosial media

Keuntungan domain juga sangat begitu banyak terasa saat bisa dihubungkan dengan sosial media seperti instagram, facebook, twitter, pinterest. sehingga networking bisnis akan semakin banyak terjalin berkat adanya domain tersebut.

Demikianlah yang dapat kami sharekan tentang, Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis, Semoga informasi yang kami sharekan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca blog kami di INFONAZ.Com, Sekian dan Terima Kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel