Ads 720 x 90

Pencairan Gaji Ke-13 Pensiunan Tahun 2019


Pemerintah Cairkan Gaji ke-13 untuk PNS, TNI, Polri, dan Pensiunan


Pensiunan
Pensiunan

Pemerintah resmi mencairkan gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil (PNS), TNI, Polri, serta pensiunan, Selasa (2/7/2019) ini. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Nufransa Wira Sakti membenarkan hal tersebut. “Iya, benar (sudah dicairkan hari ini),” ujarnya seperti dikutip dari Kontan.co.id.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019, pembayaran gaji ke-13 terdiri dari gaji pokok dengan nilai yang sama dengan bulan Juni, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, hingga tunjangan kinerja.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, total anggaran yang disiapkan untuk pembayaran gaji ke-13 ini mencapai Rp 20 triliun. Pembayaran gaji ke-13 memang dijadwalkan pada pertengahan tahun, tepatnya menjelang tahun ajaran baru pendidikan untuk menjadi penunjang biaya pendidikan anak-anak dari para aparatur sipil negara.

Pembayaran gaji ke-13 juga diharapkan menjadi stimulus bagi konsumsi masyarakat sehingga mendukung perekonomian secara keseluruhan.

"Kemarin kan masih di atas 5 persen kita berharap tetap terjaga di atas 5 persen, bahkan mendekati 5,1 persen,” ucapnya. Adapun, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 381,6 triliun untuk belanja pegawai sepanjang tahun ini dalam APBN 2019.

Itu terdiri dari Rp 224,4 triliun untuk belanja pegawai kementerian dan lembaga (k/l) dan sebesar Rp 157,15 triliun untuk belanja pegawai non-k/l. (Grace Olivia).

Gaji ke-13 untuk PNS, TNI, Polri dan Pensiunan Cair Hari Ini


Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencairkan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS), aparat TNI dan Polri, serta pensiunan cair pada hari ini. Besaran gaji ke-13 ini terdiri dari gaji pokok dan berbagai seperti tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Nufransa Wira Sakti mengkonfirmasi hal ini. "Gaji ke-13 sudah dicairkan hari ini," katanya saat dihubungi Katadata.co.id, Selasa (2/7).

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pembayaran gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri akan terpisah dari Tunjangan Hari Raya (THR).
Pemberian THR dan gaji ke 13 diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2016 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas kepada PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Berdasarkan aturan tersebut, penerima gaji ke-13 akan meliputi PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, dan pensiunan dengan besaran yang sesuai dengan penghasilan yang diterima setiap bulannya.

Dan dari komponen gaji ke-13 ini juga untuk PNS dan pensiunan akan berbeda juga, Gaji ke-13 untuk PNS hingga anggota Polri akan terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan, hingga tunjangan kinerja, sedangkan pensiunan akan menerima gaji ke-13 berupakan pensiunan pokok dan tunjangan keluarga atau tunjangan penghasilannya.

Kementerian keuangan telah menganggarkan dana Rp 40 Trilium untuk THR dan gaji ke-13 PNS ini, Untuk THR, telah dicairkan Rp 20 triliun pada akhir Mei 2019, Pencairan Gaji ke-13 di lakukan pada juni karena bulan ini merupakan masa tahun ajaran baru, Gaji ke-13 ini ditujukan untuk membantu biaya sekolah para anak Aparatur Sipil Negara (ASN).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah menandatangani Peraturan Penerimaan (PP) terkait dengan pencairan gaji ke-13 pada awal Mei 2019 lalu.

Dengan ada konsumsi seluruh THR dan gaji ke-13 PNS, TNI dan polri dibelanjakan, Sri Mulyani berharap akan ada tambahan Rp 20 Trilium konsumsi yang masuk ke komponen Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal kedua 2019.

Sumber :
  • https://money.kompas.com/read/2019/07/02/100200026/pemerintah-cairkan-gaji-ke-13-untuk-pns-tni-polri-dan-pensiunan
  • https://katadata.co.id/berita/2019/07/02/gaji-ke-13-untuk-pns-tni-polri-dan-pensiunan-cair-hari-ini
Nazir
I graduated S1, Informatics Engineering Department,

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter