Program Kesehatan Ibu Dan Anak Di Puskesmas

Program Kesehatan ibu dan anak adalah supaya dibidang kesehatan yang menyankut pelayanan dan pemeliharaan ibu hamil dan ibu bersalin, ibu menyusui bayi dan anak balita serta anak prasekolah.

Pemberdayaan masyaratkat bidang KIA Masyarakat dalam upaya mengatasi situasi gawat darurat dari aspek non klinik terkait kehamilan dan persalinan.

Sistem kesiagaan merupakan sistem tolong-menolong, yang dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat, dalam hal penggunaan alat tranportasi atau komunikasi (telepon genggam, telepon rumah), pendanaan, pendonor darah, pencacatan pemantauan dan informasi KB.

Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak

Dalam pengertian ini tercakup pula pendidikan kesehatan kepada masyarakat, pemuka masyarakat serta menambah keterampilan para dukun bayi serta pembinaan kesehatan di taman kanak-kanak.
Sejarah Perkembangan.

Pelayanan ksehatan masyaratkan di indonesian tidak terlepas dari sejarah kehidupan bangsa setelah indonesia merdeka, pelayanan kesehatan masyaratkan Public Health Services di kembangkan sejalan dengan tanggung jawab pemerintah Melindungi masyarakat indonesian dari gangguan kesehatan.

Kesehatan adalah hak asai manusia yang juga tercantum dalam UDD 1945.

Program kesehatan yang dikembangkan adalah yang sangat-sangat dibutuhkan oleh masyarakat Public Health Essential terutama oleh penduduk miskin.

Beberapa catatan penting dibawah ini, baik sebelu maupun sesudah indonesia merdeka dapat dijadikan tonggak sejarah perkembangan program kesehatan masyarakat Indonesia.

Baca juga : Makanan Wajib Untuk Kesehatan Jantung Anda

Tips Perawatan Bayi Di Dalam Kandungan Yang Bisa Anda Terapkan

 

1. Pemeriksaan Kandungan Secara Rutin


Selalu rajin dalam mengontrol perkembangan bayi dengan memeriksakan kandungan pada dokter kepercayaan anda secara berkala, semakin besar kandungan anda maka semakin sering pula harus melakukan pemeriksaan kandungan.

Saat kandungan memasuki trimester pertama dan kedua mungkin Anda cukup melakukan pemeriksaan sebulan sekali. Tapi setelah memasuki usia trimester ketiga, maka harus sering melakukan pemeriksaan, bisa dua minggu sekali sampai seminggu sekali setelah mendekati masa persalinan.

2. Menghindari Aktivitas Fisik Secara Berlebihan


Selama mengandung ibu hamil tetap bisa menjalankan segala aktivitasnya yang terbilang ringan dan aman. Bila Anda seorang wanita karier maka tetap bisa menjalankan tugas pekerjaan Anda, tapi agak dikurangi intensitasnya.

Apalagi bila usia kandungan sudah mendekati masa persalinan, jangan lupa untuk melakukan istirahat dengan cukup, agar tubuh ibu hamil tidak terlalu kelelahan.

3. Selalu Konsumsi Makanan Kaya Gizi Dan Nutrisi


Ibu hamil harus senantiasa mendapatkan asupan makanan yang sehat dan bergizi. Asupan makanan ini justru haru lebih banyak, karena nutrisi yang didapatkan dari makanan akan dibagikan juga kepada janin di dalam kandungannya.

Jangan sekali-kali mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa saja meracuni buah hati Anda.

Jauhkan diri dari kebiasaan merokok, termasuk menghindari lingkungan yang penuh dengan asap rokok. Karena perokok pasif akan menghirup racun yang lebih berbahaya.

Racun yang terdapat di asap rokok akan masuk ke dalam tubuh ibu hamil dan mengkontaminasi janin di dalam kandungan.

Kebutuhan cairan tubuh juga harus terpenuhi, oleh karenanya sedikitnya dalam sehari ibu hamil mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas atau 2 liter dalam sehari.

Jika ibu hamil merasa lemas karena kekurangan darah bisa mengonsumsi suplemen penambah darah. Vitamin asam folat juga bisa dikonsumsi ibu hamil agar janin bisa berkembang lebih sehat.

Supaya masa kehamilan Anda bisa terpantau dengan baik, maka Anda tidak perlu ragu untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Tujuannya untuk memastika kesehatan anda tidak terganggu termasuk tumbuh kembang buah hati anda, Dengan begitu Anda bisa menghadapi masa persalinan dengan lebih siap.

Baca juga : Jenis-jenis Olahraga Dan Senam Untuk Kesehatan Jantung Anda

Demikianlah informasi tentang,  Program Kesehatan Ibu Dan Anak Di Puskesmas, Semoga informasi yang kami sharinkan bermanfaat, sekian dan terima kasih..

0 Response to "Program Kesehatan Ibu Dan Anak Di Puskesmas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel