Ads 720 x 90

10 Program Studi Saintek Dan Soshum Yang Paling Banyak Peminat Di Jalur SBMPTN 2019

Program Studi Saintek Dan Soshum
Program Studi Saintek Dan Soshum
INFONAZ.com - Seleksi bersama Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN maupun SBMPTN Premium yang merupakan Seleksi bersama dalam penerimaan calon mahasiswa baru dilingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis.

Secara nasional yang selamat ini yang telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keungulan, baik itu bagi calon mahasiswa yang baru, Perguruan Tinggi Negeri maupun kepentingan nasional. Bagi calon mahasiswa baru, ujian tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah dan fleksibel dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayahnya.

Sejarah


Berdasarkan sejarahnya, awal mula penyelenggaraan SBMPTN dimulai dari penyelenggaraan SNMPTN melalui ujian tertulis (SNMPTN Tulis) yang diselenggarakan pada tahun 2008.

Namun sejak dari tahun 2013 diserahkan kepada Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia disingkat jadi (MRPTNI). Berdasarkan pengalaman yang sangat panjang didalam melaksanakan seleks penerimaan calon mahasiswa baru yang melalui ujian tertulis di tahun 2013.

Dalam MRPTNI tetap juga menyelenggarakan ujian tertulis sebagai salah satu bentuk seleksi masukkan PTN selain SNMPTN.

Di ujian tertulis menggunkan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan dan daya pembeda yang memadai.

Kalau soal ujian tertulis SBMPTN dirancangkan untuk mengukur kemampuan umumnya yang diduga menentukan keberhasilan mahasiswa baru nanti di semua program studi pastinya.

Yang dimaksud dengan kemampuan penalaran adalah tingkat tinggi atau ( Higjer Order Thinking) yang meliputi potensi akademik, penguasan bidang studi dasar, bidang sainttek atau bidang sosial dan humaniora. Selain kamu mengikuti ujian tertulis.

Peserta yang memilih program studi ilmu seni dan keolagragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Sobatqu? Sudah melihat hasil SBMPTN 2019 Belum?

Pada hasil kemarin siang di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi yang telah menggelar Konferensi pers terkait pendaftaran SBMPTN di tahun 2019.

Didalam kesempatan ini, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi juga menggumumkan 10 Program Studi (Prodi) sains dan teknologi dan sosial Humamniora Soshum yang paling banyak diminati oleh mahasiswa baru yang mengikuti proses seleksinya.

Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Prodi apa saja dan dari universitas mana saja yang menjadi pilihan favorit calon mahasiswa?
Yuk, kita lihat daftarnya berikut ini.

Program Studi Saintek


Didalam konferensi pers di pengumumanya hasil SBMPTN yang disampaikan oleh LTMPT. Pendidikan Dokter di Universitas Udayanan menjadi Prodi Saintek dengan Peminat terbanyak di SBMPTN di tahun 2019.

Peminat di Prodi ini menjadi 2.301 orang. Berikut daftar lengkapnya.

  • Pendidikan Dokter – Universitas Udayana : 2.301 pendaftar
  • Agroekoteknologi – Universitas Brawijaya : 2.202 pendaftar
  • Pendidikan Dokter – Universitas Hasanuddin : 2.111 pendaftar
  • Agroteknologi – UPN “Veteran” Jawa Timur : 1.956 pendaftar
  • Kesehatan Masyarakat – Universitas Hasanuddin : 1.920 pendaftar
  • Agroteknologi – UPN Veteran Yogyakarta : 1.884 pendaftar
  • Kedokteran – Universitas Sebelah Maret : 1.836 pendaftar
  • Teknik Kimia – UPN Veteran Jawa Timur : 1.751 pendaftar
  • Peternakan – Universitas Brawijaya : 1.734 pendaftar
  • Pendidikan Dokter – Universitas Jember : 1.716 pendaftar

Selain mengumumkan prodi Saintek dengan peminat terbanyak, LTMPT juga mengumumkan prodi soschum yang paling banyak dipilih oleh mahasiswa baru melalui SBMPTN di tahun 2019.




Program Studi Saintek Dan Soshum


Program Studi Soshum


Prodi dengan peminat terbanyak dalam kategori Soshum adalah Hukum di Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang dengan jumlah pendaftar sebanyak 3.702 orang.

Berikut ini adalah daftar yang lengkap 10 prodi Soshum dengan peminat terbanyak yang dirilis oleh LTMPTN saat ini di konferensi pers yang kemarin.

  • Ilmu Hukum – Universitas Diponegoro : 3.702 pendaftar
  • Ilmu Komunikasi – UPN Veteran Jakarta : 2.981 pendaftar
  • Ilmu Hukum – Universitas Brawijaya : 2.584 pendaftar
  • Manajemen – Universitas Negeri Yogyakarta : 2.546 pendaftar
  • Manajemen – UPN Veteran Yogyakarta : 2.532 pendaftar
  • Ilmu Hukum – Universitas Sebelas Maret : 2.524 pendaftar
  • Manajemen – UPN Veteran Jakarta : 2.503 pendaftar
  • Ilmu Hukum – Universitas Jenderal Soedirman : 2.204 pendaftar
  • Ilmu Komunikasi – UPN Veteran Yogyakarta : 2.203 pendaftar
   
Baca juga : Definisi SBMPTN? Sistem Baru SBMPTN?

Demikianlah informasi tentang. 10 Program Studi Saintek Dan Soshum Yang Paling Banyak Peminat Di Jalur SBMPTN 2019. Semoga informasi yang kami sharingkan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca kami. Saran dan komentarnya. Sekian dan terima kasih.
Nazir
I graduated S1, Informatics Engineering Department,

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter