Ads 720 x 90

10 PTN Peminat Paling Banyak Di Jalur SBMPTN 2019

SBMPTN 2019,Ini 10 PTN Peminat Terbanyak SBMPTN 2019,10 PTN dengan Peminat Terbanyak Pada SBMPTN 2019,10 Prodi Saintek dan Soshum dengan Jumlah Peminat Terbanyak SBMPTN,
SBMPTN 2019

INFONAZ.Com - Seleksi bersama Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN maupun SBMPTN Premium yang merupakan Seleksi bersama dalam penerimaan calon mahasiswa baru dilingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis.

Secara nasional yang selamat ini yang telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keungulan, baik itu bagi calon mahasiswa yang baru, Perguruan Tinggi Negeri maupun kepentingan nasional. Bagi calon mahasiswa baru, ujian tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah dan fleksibel dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayahnya.

Sejarah


Berdasarkan sejarahnya, awal mula penyelenggaraan SBMPTN dimulai dari penyelenggaraan SNMPTN melalui ujian tertulis (SNMPTN Tulis) yang diselenggarakan pada tahun 2008.

Namun sejak dari tahun 2013 diserahkan kepada Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia disingkat jadi (MRPTNI). Berdasarkan pengalaman yang sangat panjang didalam melaksanakan seleks penerimaan calon mahasiswa baru yang melalui ujian tertulis di tahun 2013.

Di ujian tertulis menggunkan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan dan daya pembeda yang memadai.

Kalau soal ujian tertulis SBMPTN dirancangkan untuk mengukur kemampuan umumnya yang diduga menentukan keberhasilan mahasiswa baru nanti di semua program studi pastinya.

Yang dimaksud dengan kemampuan penalaran adalah tingkat tinggi atau ( Higjer Order Thinking) yang meliputi potensi akademik, penguasan bidang studi dasar, bidang sainttek atau bidang sosial dan humaniora. Selain kamu mengikuti ujian tertulis.


Peserta yang memilih program studi ilmu seni dan keolagragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Sobatqu? Proses seleksi SBMPTN 2019 sangat ketat. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan, dari 714.652 orang pendaftar hanya ada 168.742 orang yang telah diterima dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Peserta yang dinyatakan lulus tersebuat, terdapat 119.777. Peserta non dibidikmisi dan 48. 965 peserta pemohon Bidikmisi. Seperti yang disebutkan di dalam konferensi pers yang digelarkan oleh LTMPT di hari selasa kemari, 9 Juli 2019, Peserta yang diterima adalah sejumlah 23,61 persen dari jumlah seluruh pendaftar SBMPTN tahun ini.

Apakah Sobatqu Termasuk Yang Berhasil?


Selain mengumumkan jumlah peserta yang diterima, didalam kesempatan ini juga, Menristekdikti Muhammad Nasir didampingi oleh Ketua LTMPT Ravik Karsidi mengumumkan perguruan tinggi negeri dengan jumlah peminat paling banyak.




Daftar 10 PTN dengan Peminat Terbanyak di SBMPTN 2019

PTN apa saja yang menjadi favorit para peserta SBMPTN 2019?


Yuk, Kita Lihat Daftarnya.

10 PTN Peminat Terbanyak di SBMPTN 2019
  • Universitas Brawijaya (UB): 55.871 peminat
  • Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS): 48.735 peminat
  • Universitas Diponegoro (Undip): 48.440 peminat
  • Universitas Pendidikan Indonesia (UPI): 48.231 peminat
  • Universitas Negeri Semarang (Unnes): 44.937 peminat
  • Universitas Padjadjaran (Unpad): 41.970 peminat
  • Universitas Hasanuddin (Unhas): 41.846 peminat
  • Universitas Jember (Unej): 40.173 peminat
  • Universitas Negeri Yogyakarta (UNY): 38.007 peminat
  • Universitas Sumatera Utara (USU): 36.585 peminat

Tirto.id menyebutkan daya tampung dari empat PTN teratas. Universitas Brawijaya dengan peminat mencapai 55.871 hanya menyiapkan daya tampung sebanyak 5.616 mahasiswa.

Akibat daya tampung yang tidak sebanding dengan jumlah peminat, Ravik Karsidi pun menyarankan untuk para peserta SBMPTN 2019 yang belum berhasil lolos segera mendaftarkan dirinya melalui jalur seleksi mandiri.

Masih banyak PTN yang membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri setelah pengumuman SBMP.

Baca juga : 10 Bimbingan Belajar Terbaik Di Indonesia Untuk Masuk SBMPTN & SNMPTN

Demikianlah informasi tentang. 10 PTN Peminat Paliang Banyak Di Jalur SBMPTN 2019. Semoga informasi yang kami sharingkan bermanfaat pengunjung dan pembaca. Saran dan komentarnya kami tunggu. Sekian Dan Terima Kasih...
Nazir
I graduated S1, Informatics Engineering Department,

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter