Ads 720 x 90

Definisi SBMPTN? Sistem Baru SBMPTN?

SBMPTN 2019
SBMPTN 2019

INFONAZ - Seleksi bersama Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN maupun SBMPTN Premium yang merupakan Seleksi bersama dalam penerimaan calon mahasiswa baru dilingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis.

Secara nasional yang selamat ini yang telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keungulan, baik itu bagi calon mahasiswa yang baru, Perguruan Tinggi Negeri maupun kepentingan nasional.

Bagi calon mahasiswa baru, ujian tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah dan fleksibel dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayahnya.

Sejarah SBMPTN?


Berdasarkan sejarahnya, awal mula penyelenggaraan SBMPTN dimulai dari penyelenggaraan SNMPTN melalui ujian tertulis (SNMPTN Tulis) yang diselenggarakan pada tahun 2008.

Namun sejak dari tahun 2013 diserahkan kepada Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia disingkat jadi (MRPTNI).

Berdasarkan pengalaman yang sangat panjang didalam melaksanakan seleks penerimaan calon mahasiswa baru yang melalui ujian tertulis di tahun 2013.

Di ujian tertulis menggunkan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan dan daya pembeda yang memadai.

Kalau soal ujian tertulis SBMPTN dirancangkan untuk mengukur kemampuan umumnya yang diduga menentukan keberhasilan mahasiswa baru nanti di semua program studi pastinya.

Yang dimaksud dengan kemampuan penalaran adalah tingkat tinggi atau ( Higjer Order Thinking) yang meliputi potensi akademik, penguasan bidang studi dasar, bidang sainttek atau bidang sosial dan humaniora.

Selain kamu mengikuti ujian tertulis. Peserta yang memilih program studi ilmu seni dan keolagragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Baca juga : 10 Bimbingan Belajar Terbaik Di Indonesia Untuk Masuk SBMPTN & SNMPTN

 

Ketentuan umum & Persyaratan


Ketentuan Umum

SBMPTN merupakan seleksi yang akan dilakukan oleh PTN dilingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Kementerian Agama secara bersama dibawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil UTBC & UTBK. Kombinasi hasil ujian tulis dan ujian ketampilannya.


Persyaratan SBMPTN?

Pendaftaran
  • Warga Negara Indonesia
  1. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2016 dan 2017 harus memiliki ijazah.
  2. Pada proses pendaftaran online, SKL belum diperlukan; tetapi pada saat mengikuti ujian tulis, peserta wajib membawa SKL.
  3. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran pembelajaran di program studinya.

Penerimaan

Peserta seleksi lulusan pendidikan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C. Kelulusan SBMPTN, Sehat dan memenuhi persyaratan lainnya yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerimaan.

Tahun 2016


Jenis Ujian

Ujian Tertulis
  • Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas kemampuan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Social & Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas kemampuan Ekonimi, Geografi, Sejarah dan Sosiologi.

Ujian Keterampilan
  • Ujian keterampilan dibidang ilmu seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni.
  • Ujian keterampilan dibidang ilmu keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmaninya.
  • Ujian keterampilan dapat di ikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang dipilih nantinya.

Pengumuman Hasil SBMPTN Tahun Sebelumnya


  • Tahun 2014 - Rabu, 16 Juli 2014 - Pukul 17.00
  • Tahun 2015 - Kamis, 9 Juli 2015 - Pukul 17.00
  • Tahun 2016 - Selasa, 28 Juni 2016 - Pukul 14.00
  • Tahun 2017 - Selasa, 13 Juni 2017 - Pukul 14.00
  • Tahun 2018 - Selasa, 3 Juli 2018 - Pukul 15.00


Sitem Penilaian Baru SBMPTN?


Karakteristik setiap soal yang diperoleh pada Tahap II digunakan untuk menghitung Skor setiap peserta. Soal-soal yang relatif sulit akan mendapatkan bobot yang lebih tinggi dibanding soal-soal yang relatif lebih mudah.

Baca juga : 5 Bimbingan Belajar Terbaik Di Indonesia 2019


Dengan metode penilaian baru ini, maka setiap peserta yang dapat menjawab jumlah SOAL yang SAMA dengan BENAR, akan dapat memperoleh nilai yang SAMA atau BERBEDA tergantung pada soal mana saja yang mereka jawab dengan benar.

Contoh: peserta A dapat menjawab dengan benar 5 soal yaitu nomor 1,5,7, 11 dan 13, sedangkan peserta B juga dapat menjawab 5 soal dengan benar yaitu nomor 1, 5, 9, 12 dan 15,


Metode penilaian ini sudah lama digunakan secara meluas di negara-negara maju di Amerika dan Eropa karena dengan menyertakan karakteristik setiap soal dalam penilaian, skor yang diperoleh akan lebih “fair” dan dapat membedakan kemampuan peserta dengan lebih baik

 

Sistem baru SBMPTN?


Pada tahun 2019, SBMPTN akan dilaksanakan oleh lembaga baru yaitu Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), selain itu Kemenristekdikti juga menambah kuota jalur masuk perguruan tinggi melalui jalur SBMPTN menjadi 40 persen.

Pada pelaksanaan SBMPTN 2019 hanya ada satu metode tes yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) ditiadakan dan UTBK berbasis android sementara belum diterapkan.

Baca juga : Universitas Brawijaya Kampus Paling Terbanyak Peminat Di Jalur SBMPTN 2019

Sumber : WikiPedia

Demikianlah informasi tentang, Definisi SBMPTN? Sistem Baru SBMPTN?, Semoga informasi yang kami sharingkan untuk pendidikan indonesia, pendidikan terbaru, pendidikan terkini, pendidikan umum, bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca kami. Saran dan komentarnya kami tunggu selalu untuk blog kami ini. Sekian dan Terima Kasih..
Nazir
I graduated S1, Informatics Engineering Department,

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter