Ads 720 x 90

Soal SNMPTN dan SBMPTN Kimia Unsur (Golongan Alkali) IPA

KIMIA
KIMIA

SNMPTN adalah salah satu bentuk jaluk seleksi penerimaan calon mahasiswa baru untuk memasuki Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dilaksanakan serentak seluruh indonesia, selain seleksi mandiri (Melalui Ujian Mandiri) serta Seleksi bersaman Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

SNMPTN diselenggarakan pertama kali oleh Ditjen Dikti tahun 2008 atas jawaban terhadap kisruh yang terjadi di forum rektor PTN se-Indonesia terkait penyelenggaraan SPMB oleh Perhimpunan SPMB Nusantara, yang dianggap tidak sesuai dengan pola keuangan PTN non-BHMN.

SNMPTN terdiri dari dua jalur sobatqu yaitu SNMPTN undagan (PMDK) melalui nilai rapot dan SNMPTN tulis melalui ujian tulis, dan pada tahaun 2013, SNMPTN tulis diubah nama menjadi Seleksi Masuk Perguruan Negeri (PTN).

SNMPTN udangan kemudia berganti namanya menjadi SNMPTN (Tidak Pake Undangan) dengan kriteria Seleksi Penerimaan berdasarkan nilai Rapot dan nilai Ujian Nasional (UN) dan prestasi akademis lainnya.

SBMPTN adalah Seleksi bersama Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN maupun SBMPTN Premium yang merupakan Seleksi bersama dalam penerimaan calon mahasiswa baru dilingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis.

Secara nasional yang selamat ini yang telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keungulan, baik itu bagi calon mahasiswa yang baru, Perguruan Tinggi Negeri maupun kepentingan nasional.

Bagi calon mahasiswa baru, ujian tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah dan fleksibel dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayahnya. Baca juga selengkapnya tentang Definisi SBMPTN? Sistem Baru SBMPTN?

Kimia Unsur adalah unsur-unsur yang mempunyai sifat kimia yang berada di dalam lingkungan sekitar kita. Kimia unsur dalam pelaharan kimia mempelajari tentang unsur-unsur kimia yang mempunyai sifat-sifat khusus.

Gologan IA disebuat juga logam alkali. Logam alkali melimpah dalam mineral dan terdapat di air laut.

Logam alkali adalah golongan (kolom) dalam tabel periodik yang berisi unsur-unsur litium (Li), Natrium (Na), Kalium (K), Rubidium (Rb), Sesium (Cs), dan Frransium (Fr).

Golongan ini terletak pada blok-s tabel periodik karena seluruh logam alkali memiliki elektrom terluarnya pada posisi orbital-s: konfigurasi unsur/elektron ini tercermin pada sifat karakteristik mereka.

Logam-logam alkali menyajikan contoh terbaik sifat-sifat tren golongan pada tabel periodik, dengan unsur-unsur yang menunjukkan perilaku homolog yang terkarakterisasi dengan baik.

Kumpulan soal PTN IPA


1. Sifat-sifat berikut ini yang bukan merupakan sifat logam alkali adalah :
  1. Merupakan unsur yang sangat raktif
  2. Terdapat di alam dalam keadaan bebas
  3. Dibuat dengan cara elektrolisis leburan garamnya
  4. Ionnya bermuatan positif
  5. Senyawa-senyawanya mudah larut dalam air
2. Di antaran pernyataan berikut yang buka merupakan sifat logam alkali adalah :
  1. Persenyawaan mudah larut dalam air
  2. Sangat lunak sehingga mudah diris dengan pisau
  3. Unsur-unsur yang sangat reaktif
  4. Reduktor air yang baik
  5. Terdapat di alam dalam keadaan bebas
3. Logam Na adalah pereduksi yang kuat. Hal ini dapat disimpulkan dari fakta-fakta berikut ini :
  1. Logam Na mudah bereaksi dengan air
  2. Potensial ionisasi Na kecil
  3. Potensial Reduksi standar Na besar dan Negatif
  4. Basa dari Na adalah basa kuat
4. Pernyataan tentang Natrium berikut yang tidak benar adalah :
  1. Titik leleh rendah.
  2. Titik leleh tinggi.
  3. Harus disimpan dalam minyak tanah.
  4. Reaksi dengan air bersifat endotermik.
  5. Reaksi dengan asam bersifat endotermik.
5. Logam kalium (nomor atom = 39) tidak dapat dibuat dari larutan kalium iodida dengan cara diberikan reduktor kimia karena...
  1. Logam kalium tidak stabil
  2. ion kalium sangat kuat terhidrasi
  3. Kalium adalah oksidator kuat
  4. ion kalium adalah oksidator kuat
  5. Kalium adalah reduktor yang kuat
 Baca juga : 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia 2019 (Kemenristekdikti)

Demikianlah informasi tentang, Soal SNMPTN dan SBMPTN Kimia Unsur (Golongan Alkali), Semoga informasi yang kami sharingkan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca kami. Saran dan kometarnya selalu ditunggu. Sekian dan terima kasih..
Nazir
I graduated S1, Informatics Engineering Department,

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter