Bagaimana Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis Anda

Nama domain terdiri atas dua elemen utama. Misalnya, nama domain Facebook.com memuat nama website (Facebook) dan ekstensi nama domain (.com).

ICANN menentukan ekstensi nama domain yang tersedia dan menjaga database agar tetap terfokus pada ke mana nama domain mengarah.

Tanpa nama domain, orang-orang akan mengetikkan alamat IP server untuk mengakses situs Anda. Tentu saja hal ini sangat merepotkan.

domain
DOMAIN

Bagaimana Cara Kerja Domain?


Sebagai contoh, Hostinger.co.id adalah nama domain. Anggap saja alamat IP kami adalah 100.90.80.70. Alamat IP mengarah ke server tapi jika pengunjung situs ingin menggunakannya. alamat tersebut tidak bisa digunakan untuk resolve website.

Domain juga bisa memanfaatkan redirect atau pengalihan yang umumnya memudahkan Anda untuk menentukan apakah dengan mengakses domain Anda, para pengunjung secara otomatis dialihkan ke situs lain.

Opsi pengalihan (redirect) juga merupakan opsi terbaik untuk menghindari kesalahan penulisan domain. Misalnya, Anda ingin membuka Facebook. Alih-alih mengetik alamat yang benar, Anda malah memasukkan www.fb.com.

Berbagai Tipe Domain


Meskipun domain .com paling banyak digunakan, sekitar 46.5% website global, masih ada domain lain yang bisa Anda pilih, seperti .org dan .net.

Berikut beberapa tipe domain yang paling banyak digunakan :

TLD : Top Level Domains

Daftar TLD resmi dikelola oleh organisasi yang disebut Internet Assigned Numbers Authority (IANA) dan dapat Anda lihat di sini.

IANA mencatat bahwa daftar TLD juga menyertakan ccTLD dan gTLD, yang akan kami bahas sebentar lagi.

ccTLD: County Code Top Level Domains

ccTLD memuat domain yang hanya terdiri atas dua huruf dan didasarkan pada kode negara internasional misalnya .us untuk United States dan .jp untuk Jepang.

Domain-domain tersebut tampil sebagai ‘sinyal’ bahwa suatu situs berada di negara atau wilayah yang ditargetkan.

gTLD: Generic Top Level Domain


Pada dasarnya, gTLD adalah TLD yang tidak menggunakan kode negara, Sampai di sini, Anda sudah memahami bahwa Anda tidak perlu memenuhi syarat tertentu untuk register gTLD. Sebagai contoh, .com tidak selalu ditujukan utuk website komersil.

Tipe Nama Domain yang Lain

Kami telah menyebutkan tipe nama domain yang sering digunakan. Sekarang kami akan memperkenalkan variasi lain yang bisa Anda gunakan :

Second Level Domain

Kami akan menjelaskan topik ini melalui contoh yang mana lebih mudah untuk dipahami, apalagi jika berkaitan denan kode negara.

Sebagai contoh, alih-alih .com, perusahaan di Inggris akan menggunakan .co.uk. Inilah contoh penggunaan second level domain.

Contoh lainnya, .gov.uk biasanya digunakan oleh institusi pemerintah dan .ac.uk digunakan oleh institusi akademik dan universitas.
Subdomain

Subdomain tidak mewajibkan para webmaster untuk membeli nama domain tambahan jika ingin menambahkan divisi di situs mereka.

Subdomain merupakan opsi terbaik utuk situs campaign dan tipe web konten lainnya yang sebaiknya dibuat terpisah dari halaman atau beranda utama.

Sebagai contoh, Facebook menggunakan developers.facebook.com untuk menyediakan informasi yang spesifik pada developer web dan developer aplikasi yang hendak memanfaatkan Facebook API. Contoh lainnya adalah support.google.com.

Apa Itu Domain?


Berikut beberapa hal terkait pengertian domain yang harus Anda ketahui :

  1. Nama domain diasumsikan sebagai alamat suatu tempat.
  2. Nama domain terdiri atas nama website (misalnya Hostinger) dan ekstensi nama domain (misalnya, .co.id).
  3. Semua registrasi nama domain dikelola oleh ICANN.
    Cara kerja domain mengarahkan pengunjung ke server yang tepat (saat mengakses website).
    Domain .com merupakan nama domain yang paling populer dan digunakan oleh 46.5% website.
    ccTLDs menggunakan kode negara dan mengacu pada area geografis (misalnya, .cn atau .es).
  4. gTLD merupakan ekstensi nama domain yang digunakan untuk tujuan spesifik (misalnya, .org untuk organisasi).
  5. Setiap registrar menawarkan proses daftar domain berbeda-beda.
  6. Anda dapat menggunakan fitur cari domain untuk mengetahui ketersediaan nama domain yang Anda inginkan.
  7. Domain dapat ditransfer dari satu provider ke provider lainnya.
  8. Server merupakan mesin fisik yang menyimpan file website.
  9. Jika Anda butuh bantuan, tim Support kami akan selalu siap membantu Anda.

Apakah Anda bekerja di bidang seni kreatif seperti menulis, desain grafis, ilustrasi, atau komik? Dengan talenta tersebut Anda bisa menelurkan berbagai karya, baik itu di bidang seni desain grafis, menulis buku, komik, atau karya-karya seni lainnya.

Oleh karena itu, Anda harus pandai mengelola talenta yang Anda miliki agar bisa menghasilkan uang. Salah satu caranya adalah dengan mempromosikan karya Anda menggunakan website!

Demikianlah informasi tentang, Bagaimana Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis Anda, Semoga bermanfaat bagi pengunjung kami dan pembaca kami. Sekian dan terima kasih..

0 Response to "Bagaimana Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel