Cara Membuat Konten Blog yang Berkualitas

Cara Membuat Artikel Berkualitas untuk Konten Online
Tips Membuat Konten atau Artikel Blog yang Sempurna
Cara menulis konten yang berkualitas dan menarik bagi pembaca adalah itu sebuah pilihan dan sobat pun bisa memilih mengalokasikan waktu yang dibutuhkan untuk bekerja menciptakan konten berkualits dan membangun brand dengan baik.

Atau sobat bisa pilih mengambil jalan yang mudah dan menulis konten seadanya, pilihan yang akhirnya merugikan sobat karena hanya akan membuang waktu dan energi.

Bila sobat menulis konten yang orisinil, mesin pencari akan membantu situs Anda mendapat lebih banyak ekspos. Google tidak suka dan akan memberi penalti pada situs dengan konten duplikat.

Cara Membuat Konten Yang Menarik

Dan di lain sisnya, google ingin memberi reward pada website dengan kualitas tinggi yang mengandung konten orisinil.

Jadi konten menarik tak hanya membuat website jadi lebih baik, tapi juga meningkatkan peringkat situs, yang bisa memiliki dampak sangat positif pada bisnis sobat.

Pengalaman saya selama beberapa tahun membangun web/blog untuk bisnis online dan membangun konten dengan tujuan SEO saja pada akhirnya tidak akan bertahan lama di mesin pencari.

Cara Mudah Membuat Konten Berkualitas

Dulu, Saya selalu mengikuti trik-trik khusus dalam membuat artikel, triks ini diajarkan oleh banyak internet marketer.

Faktannya, trik-trik khusus ini ternyata tidak memberikan manfaat untuk webstie dan blog saya dan karena cenderung hanya menyasar pada tujuan SEO yang membuat pembaca blog saya bosan.

Tips Mengembangkan Konten Berkualitas dan Menarik


Apapun alasan Anda untuk memiliki website, baik untuk bisnis atau hobi pribadi, sangat penting untuk menjalankannya dengan benar.

Didalam postingan kali ini, kami akan memaparkan beberapa tips-tips untuk mengembangkan konten berkualitas.

Pertama kita perlu melihat apa yang membuat sebuah konten jadi berkualitas.


  1. Buat Konten Yang Orisinil.
  2. Fokus Ciptakan Headline Yang Kuat
  3. Bisa Memberikan Jawaban
  4. Akurat Dalam Melaporkan dan Mengambil Informasi
  5. Ciptakan Engaging Content
  6. Berkomunikasi Lebih Baik Dengan Menambahkan Gambar dan Video
  7. Tulis Konten Pendek dan Meruncing.


1. Buat Konten Yang Orisinil


Seperti telah disebutkan di atas, konten orisinil sejalan dengan Google dan pengunjung situs Anda. Menjiplak konten orang lain akan menyebabkan hukuman dari Google yang bisa membuat Anda kembali ke titik awal.

Dan kita pun harus pelajari lebih lanjut tentang menulis konten berkualitas untuk menaikan peringkat situs kita, Orisinil juga berarti orisinalitas. Ide Anda harus orisinil. Menggunakan konsep atau postingan yang sama lagi dan lagi berarti tidak orisinil.

Bila konten sobat diterbitkan. Tak akan ada yang memberi tautan padanya dan ini berarti menyalahi tujuan menulis konten sedari awalnya.

2. Fokus Ciptakan Headline Yang Kuat


Headline yang baik membangkitkan minat dan mengundang pembaca. Pertimbangkan statistik berikut :


  • 80 persen orang akan membaca headline Anda
  • Tapi hanya 20 persen dari orang tadi akan membaca seluruh isi konten Anda.
  • Ini yang membuat headline sobat sama pentingnya dengan artikel itu sendiri.


3. Bisa Memberikan Jawaban


Apa Tujuan Akhir Dari Pemcari?

Jawaban sobat benar bila mengatakan, Untuk Menyediakan Sejumlah Jawaban,
Google Mahir dalam hal ini, Ketiklah sebuah pertanyaan di Google dan Anda akan disajikan tautan, gambar, dan video.

Ketika orang menggunakan mesin pencari, yang mereka inginkan adalah jawaban, dan menjadi tugas mesin pencari untuk memberikan jawaban.

Sama halnya ketika orang membaca sebuah artikel blog dan melihat inforgrafik atau menonton sebuah video dan mereka menginginkan jawaban untuk mendapat pengetahuan.

Satu tip penting untuk Anda, orang tidak hanya menginginkan jawaban, tapi mereka menginginkan jawaban dengan cepat. Jadi buat konten Anda mudah dibaca agar orang bisa menangkap bagian yang penting dengan cepat.

Coba Anda baca judul atau sub judul dari buku atau artikel non fiksi. Pembaca akan dibuat bertanya-tanya atau merasa penasaran.

Menjadi tugas penulis untuk memberi jawaban dan menyajikan informasi yang mendukung.

4. Akurat Dalam Melaporkan dan Mengambil Informasi


Anda menulis sebuah artikel untuk blog perusahaan, ratusan orang membacanya tapi ternyata apa yang Anda tulis tidak akurat. Bisa Anda bayangkan dampak negatifnya pada perusahaan dan reputasi pribadi Anda.

Ingat, blog Anda adalah refleksi dari perusahaan Anda. Bila ada masalah dengan blog, akan berdampak pada bagaimana orang melihat produk Anda.

Setiap statistik yang Anda tampilkan harus diverifikasi. Banyak postingan blog akan memberi tautan ke statistik dan sumbernya.

Akurasi membangun kepercayaan pembaca.

Berikut beberapa tips berkaitan dengan hal ini :


  • Pertimbangkan siapa yang Anda tautkan. Apakah sumber yang dipercaya dan memiliki otoritas? Memberi tautan ke website berkualitas akan membangun lebih banyak kepercayaan dari pembaca Anda.
  • Memberi tautan ke lebih banyak konten. Semakin banyak Anda mendukung apa yang Anda tulis, konten Anda akan menjadi semakin terpercaya.
  • Buat tautan ke sumber dan konten lain untuk membantu mesin pencari mengetahui isi dari konten Anda, dan bagaimana seharusnya konten ini dikategorikan.


5. Ciptakan Engaging Content


Engaging Content yang menawarkan sesuatu yang baru sob, Perspektif baru, Pengetahuan. Sesuatu yang bermanfaat, Menginspirasi, Menghibur, konten yang engaging memberi pembaca sesuatu yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.

Berikut beberapa tips untuk membatu Anda menulis konten yang engaging :


  • Buat pembaca bertanya-tanya. Ini bukan berarti membuat postingan yang belum selesai, tapi menyertakan pertanyaan yang membuat pembaca merefleksikan bagaimana mereka bisa mengimpelementasikan pengetahuan yang Anda berikan.
  • Bagian perkenalan yang mengesankan. Ingin tahu bagaimana cepatnya orang membuat penilaian tentang sebuah postingan blog? Kebanyakan orang mungkin hanya perlu membaca beberapa kalimat awal untuk menentukan sebuah postingan layak dibaca. Beritahu pembaca kenapa mereka perlu tetap berada di konten Anda dan beritahu apa yang akan Anda bahas di blog post ini. Buat mereka ingin membacanya.
  • Orang suka cerita, sobat bisa gunakan anekdot dibagain perkenalan atau cerita dalam postingan website atau blog. Cerita bisa membantu mengklarifikasi sebuah poin. Bila memungkinkan, tambahkan cerita pada postingan blog sobat, ini akan membuat postingan lebih engaging dan juga membantu pembaca belajar.
  • Bila Anda menyediakan konten yang mengundang banyak komentar, mesin pencari akan menganggap postingan Anda penting dan diupdate secara teratur. Ini jadi cara bagus untuk membuat mesin pencari kembali ke situs Anda lebih sering.


6. Berkomunikasi Lebih Baik Dengan Menambahkan Gambar dan Video


Orang belajar dengan cara berbeda. Beberapa orang belajar lebih baik dengan melihat, sedang lainnya belajar lebih baik dengan mendengar. Yang pasti, tambahan visual membuat orang belajar lebih baik.

Baik gambar, video, atau diagram, dapat membantu mengilustrasikan poin Anda. Silahkan buka buku moderen manapun dan Anda akan temukan gambar yang digunakan untuk meningkatkan pengalaman membaca dan pelajaran dari penulis. Telusuri lebih jauh tentang tools untuk mengatur gambar.

Apapun yang Anda tuliskan, tambahkan gambar. Tak ada yang mau melihat paragraf teks saja, jadi tambahkan gambar untuk membangun atau menambahkan nilai.

  • Tulis Konten Pendek dan Meruncing
  • Satu pelajaran menulis yang penting adalah membatasi kesalahan. Ini cukup menantang dan membutuhkan kerja keras, tapi membuat komposisi Anda jadi jauh lebih baik.
  • Tak ada yang lebih baik selain postingan blog atau artikel yang singkat dan langsung pada inti persoalan yang berisi informasi.

Jadi jangan fokus pada jumlah kata. Postingan blog yang lebih panjang tidak berarti postingan yang lebih baik.

Dan sering kali, membuat postingan blog yang pendek lebih sulit dan lebih butuh waktu dibanding menulis sebanyak yang Anda bisa.


Selalu Update Website Atau Blog Anda


Memulai sebuah website atau blog adalah sebuah komitmen yang harus sobat lakukan, bila sobat menulis beberapa postingan dan lalu menginggalkan tugas ini, Anda tidak akan memiliki banyak pembaca atau pelanggan baru. Tidak hanya itu, mesin pencari juga tidak menyukai situs yang tidak secara teratur diupdate.

Bila Anda memiliki blog atau situs, Anda perlu mengupdatenya secara teratur dengan konten berkualitas.

Banyak situs dengan konten terbagus diupdate secara berkala. Situs yang memposting lebih sering memiliki gelombang pengunjung lebih kuat.

Lupakan Tentang Kepadatan Kata Kunci (Keywords Density)


Salah satu mitos SEO yang seringkali kita perhatikan dalam membuat sebuah konten artikel adalah kepadatan kata kunci (keywords density).

Beberapa orang mengatakan Keyword Density yang baik itu adalah 3%-5% dari total kata dalam artikel, beberapa orang lainnya mengatakan keyword Density sebaiknnya berkisar antara 1%-3% saja dari total kata dalam artikel.

Faktannya dan google tidaklah pernah menyebutkan tentang Keywords Desnsity. Tentunnya kita perlu memasukkan kata kunci didalam konten kita tau menambahkan kata kunci yang relevan dengan artikel yang kita buat sobat.

Namun kita harus menggunakannya juga secara sewajarnnya sich, biarkan konten sobat mengalir secara alami nantinya. Memaksakan keywords di tempat yang tidak semestinya lebih sering merusak kualitas konten sobat, tidaklah akan membuatnya lebih baik di mesin pencari.

Gunakan Judul dan Deskripsi


Title tags sobat adalah hal pertama yang akan diperhatikan oleh google ketika robot mereka membaca blog sobat nantinya. Tentunnya akan lebih lagi bila judul konten dilengkapi dengan deskripsi dari konten sobat nantinya.

Karena pengguna mesin pencari akan melihat judul dan deskripsi konten sobat nanti di SERP Google dan gunakan juga judul dan deskripsi yang deskriptif dan mengajak audiens atau penggunan blog sobat untuk membuka situs sobat nantinya.

Respon Audiens Anda Dengan Baik


Jika blog Anda punya audiens/ pembaca setia, maka Anda harus siap memberikan respon dan menjawab komentar atau pertanyaan-pertanyaan mereka.

Berikan jawaban yang mereka butuhkan, tentunya Anda hanya akan menjawab komentar atau pertanyaan yang sesuai dengan topik Anda.

Kalau nanti kita melihat dari sisi SEO dan keterlibatan pembaca didalam sebuah website atau blog adalah sebuah keuntungan.

Ciri Konten Berkualitas


Agar lebih jelas, berikut ciri artikel berkualitas yang perlu Anda perhatikan. Bila konten Anda memenuhi semua standar ini berarti Anda melakukan permulaan yang baik.

1. Konten Yang Berkualitas Mudah Ditemukan (Findable)


Konten yang Anda tulis akan sia-sia bila tak ada yang membacanya. Konten Anda harus mudah ditemukan setidaknya dalam dua cara :


  • Dari dalam situs Anda. Bila seseorang sudah berada di dalam situs Anda, mereka harus bisa menemukan konten terbaru dan terbaik Anda.
  • Dari luar situs Anda. Ini berarti melalui mesin pencari. Orang yang tidak tahu Anda atau website Anda harus bisa menemukan konten melalui pencarian Google.
  • Cara yang terbaik untuk bisa ditemukan oleh mesin pencari google adalah menyesuaikan konten dengan kata kunci yang revelan pastinya, Lalu optimasi konten untuk kata kunci tersebut.


2. Konten Yang Berkualitas Bisa Dibagikan (Shareable)


Ada dua hal yang membuat konten kita bisa dibagikan :

Orang ingin membagikannya ketika orang menemukan konten yang sangat berkualitas ini atau bagus intinya. Mereka ingin menyebarkannya, setidaknya mencantumkannya ditimeline Facebook, dan lainnya.


  • Konten yang mudah dibagikan.
  • Buatlah orang mudah menbagikan konten sobat.


Berikut ini adalah ada beberapa hal dasarnya tentang konten yang bisa dibagikan :


  • Mulai dengan sesutu yang benar-benar bagus. Apakah Anda ingin membagikannya? Bila Anda malu memberitahu teman apa yang baru saja Anda positng, ini berarti konten Anda tidak cukup bagus.
  • Alokasikan waktu untuk framing, ini berarti headline dan gambar bagian yang muncul di facebook.
  • Semakin banyak orang yang melihat headline sobat dan merasa tertarik dengan konten sobat. Akan semakin banyak mereka megklik dan pembaca, ini memaksimalkan potensi mereka membagikannya di media sosial mereka.
  • Gunakan sharing tool yang mudah. Gunakan yang Anda perlukan untuk mendorong pembaca membagikan kontan Anda.


3. Konten Yang Berkualitas Mudah Dibaca (Readable)


Keterbacaan sangat penting untuk teks. Design yang bagus dan tulisan yang baik terkait di dalamnya.

Dari perspektif design konten yang terbaca berarti tidaklah berat bagi mata jadi perhatikan faktor berikut ya sobat :

  • Ukuran tulisan
  • Warna teks dan latar belakang. Misalnya, merah pada latar hitam bukan ide yang baik.
  • Luas kolom, terlalu luas akan membuat pembaca tersesat ketika bergerak kembali ke margin kiri.
  • Leading (jarak vertikal antar garis tidak terlalu dekat).

4. Konten Yang Bagus Selalu Diingat (Memorable)


Konten yang bagus tidak hanya menghibur Anda selama 2 menit dan lalu hilang dari pikiran. Konten yang sobat ingat adalah konten yang berkualitas pastinya,

Sobat bisa membuat konten lebih memorable dengan memastikan menjawab pertanyaan, atau dengan membuat konten yang tidak hanya meniru apa yang orang lain sudah buatnya. Kalau hanya untuk mencari ide boleh-boleh aja belajar dari blog orang lainnya.

Menulislah konten berkualitas dan menarik bukan hal mudah akan tetapi akan terasa lebih mudah ketikan sobat menulis sesuatu yang sobat memiliki passion didalamnya.

Hal menarik tentang konten adalah tidak lekang oleh waktu. Anda bisa menulis sesuatu hari ini dan 3 tahun dari sekarang apa yang Anda tulis masih tetap dilihat dan dibagikan orang, yang membawa traffic kembali ke situs Anda.

Contoh konten yang akan dilihat selalu adalah sebagai berikut ini :

  • Pendidikan
  • Kesehatan
  • Tutorial Blogger
  • Tutorial Youtube
  • Resep

Demikianlah informasi tentang, Cara Membuat Konten Blog Yang Berkualitas, Semoga informasi yang kami sharingkan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca kami, Sekian Terima Kasih..

0 Response to "Cara Membuat Konten Blog yang Berkualitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel