Dampak Positif dan Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

Dampak Positif dan Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi
Dampak Positif dan Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

Economic Development tidak selalu memberikan dampak positif bagi negerannya, Bisa jadi pembangunan yang sedang berlangsung memberikan efek samping tertentu yang bersifat negatif.

Berikut ini adalah dampak positif dan negatif adanya pembangunan dibidang ekonomi :

Dampak Positif Pembangunan Ekonomi


Meningkatkan dan melancarkan proses pertumbuhan ekonomi sebuah negara, Mengurangi pengangguran dengan meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan yang berpengaruh terhadap pendapatan nasional Keberagaman kegiatan ekonomi negara-negara.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia karena adanya tuntutan pendidikan dan teknologi
Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi.

Economic Development yang tidak direncanakan dengan baik dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup. Pembangunan dibidang ekonomi yang sering berorientasi pada pembangunan insfrakstruktur dan industri yang dapat menyebabkan berkurangnya lahan pertanian dan terbuka hijau.

Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi


Ada 2 faktonya yang mempengaruhi pembangunan dan pertumbuhan Ekonomi, diantarannya adalah :

1. Faktor Ekonomi


Beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi berdasarkan faktor ekonomi adalah sumber daya manusia, sumber daya alam, keahlian, dan entrepreneurship.

Sumber Daya Manusia (SDM) sangat menentukan tingkat keberhasilan pembangunan nasional melalui kualitas dan kuantitas produk.

Sumber Daya Alam (SDA) meliputi kesuburan tanah, keadaan iklim/ cuaca, hasil laut, dan hasil tambang, yang berhubungan dengan penyediaan bahan baku produksi dan sangat mempengaruhi pertumbuhan industri suatu negara.

Entrepreneurship/ kewirausahaan dan keahlian sangat diperlukan dalam pengelolaan bahan mentah hasil alam menjadi sesuatu yang bernilai tinggi.

2. Faktor Non-ekonomi


Tidak berhubungan dengan sumber daya dan keahlian. Namun bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Faktor ini diantaranya adalah kondisi kultur sosial masyarakat sebuah negara, Politik, Kelembagaan, dan sistem yang berkembang dan berlaku di masyarakat.

Hambatan dalam Pembangunan Ekonomi


Dalam praktiknya dan pembangunan ekonomi dapat terjadi hambatan-hambatan pada prosesnya, Ini menjadi hal yang wajar yang bisa timbul kapan saja baik dari internalnya sendiri maupun eksternal.

Hambatan-hambatan yang bisa terjadi antara lain :

Dualisme ekonomi. Bisa terjadi kesenjangan industri yang hanya berorientasi di perkotaan saja.
Masih adanya kebudayaan yang tidak bersifat ekonomis seperti adat yang tidak mendukung penggunaan SDM secara penuh untuk meningkatkan taraf hidupnya seperti adanya status sosial penduduk, kebiasaan yang turun temurun dan hambatan filosofis.

Demikialah informasi tentang, Dampak Positif dan Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi, Semoga informasi yang kami sharingkan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca kami, Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Dampak Positif dan Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel