Pendekatan STEM, Sains, Teknologi, Engineering, Matematika

Pengertian STEM?


STEM adalah merupakan singkatan dari sebuah pendekatan pembelajaran interdisiplin antara Sains, Teknologi, Engineering dan Matematika. Adalah sebuah istilah yang dipakai kepada sekelompok pelajaran akademik.

Pendekatan ini mampu menciptakan sebuah sistem pembelajaran secara kohesif dan pembelajaran aktif karena keempat aspek dibutuhkan secara bersamaan untuk menyelesaikan masalah. Pilihan kurikulum dan kebijakan pendidikan di sekolah-sekolah untuk menunjang kekompetitifan dalam pengembangan sains and teknologi.

STEM
STEM
Penerapan pendekatan STEM dalam pembelajaran dewasa ini sangat sesuai dengan tuntutuan kompetensi abad 21 dan dalam rangka menjawab tantangan menghadapi revolusi industri 4.0, oleh karena itu gabungan antara pengetahuan (Sains).

Keterampilan mendesain sebuah karya (Engineering) dan menyusunnya secara sistematis dan logis (Matematika) dapat digunakan untuk menjawab masalah dalam kehidupan sehari – hari dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini.

Amerika saat ini telah mengembangkan pembelajaran STEM, sebagai jawaban atas kurangnya tenaga ilmuan di bidang tersebut, dan beberapa Negara seperti Jepang, Finlandia, Australia dan Singapura juga telah menerapkan pembelajaran berbasis STEM.

Bahkan sebagai bukti keseriusannya dibeberapa Negara tersebut telah didirikan STEM Education.

Berikut ini adalah perbedaan masing-masing disiplin ilmu yang membangun pembelajaran berbasis STEM, Sains, Teknologi, Engineering, Matematika :

Pembelajaran Sains, Teknologi, Engineering & Matematika (STEM)


Sains :

Sains merupakan kajian berhubungan dengan peristiwa alam yang melibatkan penyelidikan, penelitian dan pengukuran untuk menjelaskan sebab akibat dari sebuah fenomena alam.

Penyelidikan dan penilitian sains dapat digunakan untuk mengidentifikasi bukti – bukti yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan ilmiah dan menjawab permasalahan dalam kehidupan manusia.

Teknologi :

Inovasi atau penemuan manusia yang dapat berupa perangkat lunak dan keras sebagai sarana untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan manusia, sehingga dapat mempermudah pekerjaan manusia untuk kehidupan yang lebih maju.

Engineering :

Pengetahuan dan keterampilan untuk mendesain, mengaplikasikan, mereplikasi serta marekayasa sebuah karya berupa peralatan, sistem dan mesin yang dapat digunakan oleh manusia untuk mempercepat dan mempermudah proses produksi terhadap barang dan jasa.

Matematika :

Ilmu yang berhubungan dengan numerasi, pola perubahan dan hubungan, ruang dan bentuk. keterampilan berpikir secara rasional dan logis serta bernalar, dan menggunakannya secara sistematik dan terstruktur.

STEM, Sains, Teknologi, Engineering, Matematika

Pola Pendekatan STEM dalam Pembelajaran


STEM yang memiliki pola yang sangat dikenal dengan istilah Engineering Design Process (EDP) atau proses mendesain sebuah karya atau mesin.

EDP ini kemudian memiliki banyak versi yang telah dirumuskan para ahli, namun secara umum EDP memiliki pola sebagai berikut.

  1. Perumusan masalah            
  2. Rencana solusi           
  3. Membuat dan Mengembangkan model 
  4. Menggunakan model           
  5. Mengevaluasi, 
  6. Mengomunikasikan dan merefleksi.

Engineering Design Process (EDP)
Engineering Design Process (EDP)

Kesimpulan

Demikianlah informasi tentang, Pendekatan STEM, Sains, Teknologi, Engineering, Matematika. Semoga informasi yang kami sharingkan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca kami. Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Pendekatan STEM, Sains, Teknologi, Engineering, Matematika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel