Soal Dan Solusi UTBK SBMPTN 2019 Tes Potensi Skolastik

PENARALAN UMUM


Pemerintah siap melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia, termasuk memanfaatkan peluang dari perang dagang Amerika Serikat-China. Satu di antara persoalan yang mendesak diselesaikan adalah defisit neraca perdagangan dan defisit transaksi berjalan.

Berdasarkan data BPS, neraca perdagangan Indonesia pada Januari-April 2019 defisit 2,564 miliar dolar AS. Adapun data Bank Indonesia menunjukkan, transaksi berjalan triwulan I-2019 defisit 6,966 miliar  dolar AS.

Tes Potensi Skolastik
Tes Potensi Skolastik


Terkait dengan upaya itu, pemerintah meminta masukan dari pengusaha sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil kebijakan ekonomi.

“Saya ingin masukan-masukan yang lebih konkret, nyata, dan bisa cepat dilaksanakan sehingga bisa memberikan efek ekonomi yang baik pada negara kita,” ujar kepala negara di depan para pengusaha yang tergabung dalam Apindo dan Hippindo (Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia).

Karena itulah diperlukan sinergi yang baik antara pemerintah dan dunia usaha untuk menghadapi tantangan ekonomi di masa mendatang.

Selain itu, pemerintah bersedia mengevaluasi regulasi yang dianggap dapat menghambat perkembangan  dunia  usaha.  Kepala  negara  juga  menegaskan  siap  mengeluarkan  perppu  (peraturan pemerintah pengganti undang-undang) jika kondisi sudah dianggap mendesak. Sebenarnya, kata Ketua

Apindo, perang dagang Amerika Serikat-China bisa dijadikan peluang oleh Indonesia untuk memperbaiki neraca perdagangan :  Indonesia punya peluang yang relatif besar untuk meningkatkan  ekspor.  Namun,

pemerintah  perlu  membenahi  sejumlah  instrumen  untuk  mempermudah  ekspor,  satu  di  antaranya memperkuat tim negosiasi perjanjian perdagangan internasional.

Berkaitan dengan itu semua, kepala negara mengumpulkan sejumlah menteri untuk membahas upaya Indonesia dalam menghadapi perang dagang AS-China dan menentukan banyak komoditas yang bisa diekspor.

Namun, kata Mendag, Enggartiasto Lukita, pemerintah tetap harus menghitung dengan saksama, jangan sampai defisit neraca perdangan AS dengan Indonesia yang mencapai 12,6 miliar dolar AS  bertambah  lebar. 

Apabila  selisih  perdagangan  semakin  lebar,  dikhawatirkan  AS  akan  mencabut fasilitas pembebasan tarif impor atas barang-barang tertentu.

Contoh Soal Tes Potensi Skolastik


1. Berdasarkan  infografik  tersebut,  manakah simpulan berikut ini yang paling sesuai?
a) Tidak satu pun peringkat dari sepuluh item kemudahan  melakukan  bisnis di Indonesia  yang berada di peringkat sepuluh besar.
b) Peringkat terbaik dalam perihal kemudahan melakukan bisnis di Indonesia ditempati oleh item mendapatkan listrik.
c) Peringkat seratus besar dalam kemudahan melakukan bisnis di Indonesia, satu di antaranya, ditempati oleh item mendaftarkan properti
d) Masalah menyelesaikan kepailitan berada pada peringkat lima puluh besar dalam kemudahan melakukan bisnis di Indonesia.
e) Dalam sepuluh item kemudahan melakukan bisnis di Indonesia, terdapat dua hal berada pada peringkat yang sama.

Jawaban : A
Simpulan yang paling sesuai dengan infografik tersebut adalah Tidak  satu  pun peringkat dari sepuluh item kemudahan melakukan bisnis di Indonesia yang berada di peringkat sepuluh besar.

2. Berdasarkan teks tersebut, manakah simpulan berikut yang paling tepat dan benar?
a) Pemerintah bersedia melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia, termasuk memanfaatkan peluang dari perang dagang  antara Amerika Serikat dan China.
b) Pemerintah bersedia mengevaluasi regulasi yang tidak mendukung perkembangan ekonomi nasional dan mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang.
c) Untuk meningkatkan perekonomian Indonesia, pemerintah siap melakukan berbagai terobosan: bersinergi dengan dunia usaha dan mengevaluasi regulasi yang dianggap bisa menghambat   perkembangan dunia usaha.
d) Perekonomian Indonesia sulit berkembang karena besarnya defisit neraca perdagangan dan defisit transaksi berjalan sehingga pemerintah dan dunia usaha tidak dapat melakukan ekspor.
e) Perekonomian Indonesia hanya bisa ditingkatkan bila pengusaha dan dunia usaha dapat memberikan masukan- masukan yang konkret dan bisa cepat memberikan efek ekonomi yang baik bagi negara.

Jawaban : B
Berdasarkan paragraf pertama, untuk meningkatkan kinerja perekonomian Indonesia, Pemerintah akan melakukan berbagai terobosan, termasuk meminta masukan-masukan yang konkret dan brilian dari para pengusaha.

3. Berdasarkan paragraf pertama, manakah pernyataan berikut ini yang paling benar? 
a) Kepala negara memanggil beberapa pengusaha yang tergabung dalam Apindo dan Hippindo ke  Istana Negara untuk  meminta masukan tentang perang dagang AS-China.
b) Besaran defisit transaksi berjalan Indonesia lebih dari tiga kali defisit neraca  perdagangan berdasarkan data yang ada pada BPS dan Bank Indonesia.
c) Kepala negara meminta masukan yang konkret dan bisa cepat dilaksanakan dari para pengusaha agar bisa memberikan efek ekonomi yang baik bagi negara.
d) Defisit neraca perdagangan yang dialami Indonesia merupakan efek nyata dari  perang dagang AS-China yang tidak akan pernah mereda.
e) Untuk mengatasi masalah yang timbul akibat perang dagang AS-China, diperlukan sinergi yang baik antara pemerintah dan dunia usaha.

Jawaban : C
Pernyataan  yang  paling  benar  tentang  isi paragraf pertama adalah Kepala negara meminta masukan yang konkret dan bisa cepat  dilaksanakan  dari  para  pengusaha agar bisa memberikan efek ekonomi yang baik bagi negara.

4. Berdasarkan paragraf kedua, apa yang akan dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kinerja  perekonomian Indonesia?
a) Pemerintah secepatnya  menyelesaikan masalah defisit neraca perdagangan dan defisit transaksi  berjalan bersama dunia industri.
b) Pemerintah akan melakukan berbagai terobosan, termasuk meminta masukan- masukan yang konkret dan brilian dari para pengusaha.
c) Pemerintah, dalam hal ini Kemdag, akan memanfaatkan peluang ekspor dari  perang dagang antara Amerika Serikat dan China.
d) Dunia usaha diminta memanfaatkan peluang dagang yang sebesar-besarnya, seperti meningkatkan ekspor komoditas terpilih, dari konflik AS-China.
e) Pemerintah mengharapkan adanya sinergi yang baik antara Kemdag, dunia   perbankan, dan  dunia usaha untuk mengatasi defisit yang terjadi.

Jawaban : B
Berdasarkan paragraf  pertama, untuk meningkatkan kinerja perekonomian Indonesia, Pemerintah akan melakukan berbagai terobosan, termasuk meminta masukan-masukan yang konkret dan brilian dari para pengusaha.

5. Berdasarkan paragraf kedua, manakah pertanyaan berikut yang paling sesuai?
a) Bagaimana caranya Indonesia menjadikan perang dagang AS-China sebagai  peluang untuk  memperbaiki neraca perdagangan?
b) Sejak kapan terjadinya perang dagang AS-China sehingga sangat berpengaruh terhadap perekonomian dunia, termasuk Indonesia?
c) Mengapa kepala negara baru akan mengeluarkan peraturan pengganti undang-undang jika kondisi dianggap sudah mendesak?
d) Apa saja bentuk instrumen-instrumen yang perlu dibenahi pemerintah untuk mempermudahtransaksi ekspor Indonesia?
e) Siapa dan apa saja badan, lembaga, atau pihak terkait  yang bisa  terlibat  dalam negosiasi perjanjian perdagangan internasional?

Jawaban : A
Pertanyaan  yang  paling  sesuai  dengan  isi paragraf kedua adalah Bagaimana caranya Indonesia menjadikan perang dagang AS- China sebagai peluang untuk memperbaiki neraca perdagangan?

Demikianlah informasi tentang, Soal Dan Solusi UTBK SBMPTN 2019 Tes Potensi Skolastik, Semoga informasi yang kami sharingkan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca, sekian dan terima kasih..

1 Response to "Soal Dan Solusi UTBK SBMPTN 2019 Tes Potensi Skolastik"

  1. Terimakasih gan untuk soal dan solusinya, btw ini hanya untuk latihan atau memang soalnya ini gan?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel