-->

Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Pendidikan

Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Pendidikan
Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Pendidikan

Pengertian Pendidikan?


Definisi pendidikan adalah merupakan kebutuhan manusia dan menjadi pendidikan selalu mengalami perubahan, perkembangan dan perbaikin sesuai dengan perkembangan disegala bidang kehidupan.

Perubahan dan perbaikan dalam bidang pendidikan meliputi berbagai komponen yang terlibat di dalamnya baik itu pelaksana pendidikan di lapangan.

(kompetensi guru dan kualitas tenaga pendidik),  Mutu pendidikan, perangkat kurikulum, sarana dan prasaranap endidikan dan mutu menejemen pendidikan termasuk perubahan dalam metode dan strategi pembelajaran yang lebih inovatif.

Memasuki masa era globalisasi, bangsa Indonesia tidak  mati-matinya selalu melakukan pembangunan disegala bidang kehidupan baik pembangunan material maupun spiritual termasuk didalamnya sumber daya manusia.

Salah satu faktor yang menunjang pembangunan atau peningkatan sumber daya manusia yaitu melalui pendidikan mendapat prioritas utama.

Didalam proses belajar mengajar guru atau tentor ditunut untuk mendapatkan menwujudkan dan menciptakan situasi yang memungkinkan siswa untuk aktif dan kreatif.

Pada sistem ini diharapkan siswa dapat secara optimal meaksanakan aktivitas belajar sehingga   tujuan instruksional yang telah ditetapkan dapat tercapai secara maksima.

Proses belajar adalah suatu proses yang dengan sengaja diciptakan untuk kepentingan siswa. Agar senang dan ber gairah belajar. Guru berusaha menyediakan dan menggunakan semua  potensi dan upaya.

Masalah motivasi adalah merupakan factor yang penting bagi peserta didik. Apakah artinya anak didik pergi ke sekolah tanpa motivasi untuk belajar. Hanya saja motivasi sangat bervariasi dari segi tinggi rendahnya maupun jenisnya.

Guna mewujudkan tujuan itu bukan suatu hal yang mudah. Sehingga sangatlah dibutuhkan sebuah tekad dari berbagai pihak.

Guna meraih kebersamaan tujuan dan visi yang sama dalam menciptakan keterpaduan pencapaian dalam tujuan pembelajaran.

Tujuan Pendidikan?


Tujuan Pendidikan
Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan tidak hanya untuk mengembangkan pengetahuan anak, tetapi juga sikap kepribadian, serta aspek sosial emosional, disamping keterampilan-keterampilan lain.

Sekolah tidak hanya berkewajiban memberikan berbagai macam ilmu pengetahuan, tetapi juga memberi bimbingan dan bantuan terhadap anak-anak yang bermasalah, baik dalam belajar.

Emosional, maupun sosial sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan potensi masing-masing.

Berikut ini adalah merupakan poin-poin tujuan manfaat pendidikan?

  1. Memberikan pemahaman kepada anggota masyarakat dan sivitas akademika tentang eksistensi dan peran Museum Pendidikan.
  2. Memberikan informasi tentang perkembangan pendidikan nasional baik secara horisontal atau vertikal, baik jenis maupun jenjang perndidikan melalui berbagai koleksi, simbal dan dokument yang terkait dengan penyelenggaran pendidikan di indonesia dari tahun ke tahun.
  3. Memberdayakan sivitas akademik UNY dan masyaratkan pemerhati pendidikan untuk berkreasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia.
  4. Memberikan penghargaan kepada para perintis, tokoh dan pejuang pendidikan nasional.
  5. Menambah dan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana wisata kampus yang bersifat edukatif-rekreatif.

Manfaat Pendidikan?


Manfaat Pendidikan
Manfaat Pendidikan

Selain mengetahui pengertian pendidikan, sebenarnya apa saja manfaat dari pendidikan?

Kali ini kita akan membahas apa saja manfaat yang bisa dinikmati dengan mengenyam pendidikan.

Berikut adalah beberapa manfaat pendidikan bagi kita sebagai manusia :

1. Membentuk Karakter



Pendidikan merupakan salah satu cara untuk membentuk karakter seseorang. Sejak dini, pendidikan sudah diberikan dengan konsep pendidikan berkarakter. Lewat pendidikan, seseorang bisa dipersiapkan memiliki karakter yang baik dan bisa bermanfaat bagi orang-orang di sekitarnya.

2. Memperluas Wawasan


Jelas sekali bahwa pendidikan akan membuat wawasan kita menjadi semakin luas. Di dunia ini ada begitu banyak hal yang bisa kita jelajahi dan pendidikan membukakan peluang untuk kita mengetahui banyak hal di dunia. Lewat pendidikan, ada banyak hal yang bisa kita ketahui.

3. Mempersiapkan Karir


Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu tujuan utama seseorang menempuh pendidikan adalah untuk mempersiapkan karirnya di masa depan. Pendidikan memang menjadi salah satu kualifikasi agar Kamu bisa mendapatkan pekerjaan impian dengan gaji yang bagus.

4. Semakin Dekat Dengan Sang Pencipta


Pendidikan bisa membantumu semakin dekat dengan sang pencipta. Mengapa bisa begitu?

Dengan mengenyam pendidikan kita bisa mengetahui banyak hal tentang dunia ini dan semakin kita menyadari pula bahwa begitu besar kuasa Tuhan dalam menciptakan kehidupan ini.

5. Membentuk Seseorang Lebih Beretika


Pendidikan tidak hanya membuat seseorang menjadi cerdas. Pendidikan juga membantu membentuk etika pada diri seseorang.

Mereka yang berpendidikan terbukti akan memliki etika yang lebih baik dan tahu bagaimana untuk berinteraksi dengan orang lain sambil tetap mengedepankan sopan santun.

6. Menghasilkan Penemuan Baru


Pendidikan membantu manusia untuk terus menghasilkan penemuan-penemuan baru. Seperti kita ketahui bahwa di kehidupan ini teknologi terus berkembang pesat.

Kehadiran teknologi ini terjadi karena jasa pendidikan. Teknologi hadir lewat orang-orang yang mengenyam pendidikan.

Dalam kehidupan ini, perkembangan teknologi akan terus terjadi. Pendidikan akan membuat manusia semakin banyak menghasilkan penempuan-penemuan terbaik.

Itulah informasi tentang. Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Pendidikan. semoga informasi yang sharingkan bermanfaat bagi pembaca kami. sekian dan terima kasih.

0 Response to "Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Pendidikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel