Pertanyaan Dasar Kurikulum Pendidikan Sejarah

Pertanyaan Dasar Kurikulum Pendidikan Sejarah

Pengembangan kurikulum pada tingkat nasional sudah seharusnya memperhitungkan keseluruhan pengembangan kurikulum.

Ketika suatu kurikulum baru pendidikan sejarah dikembangkan ada pertanyaan dasar yang harus dijawab oleh para pengembang kurikulum pada tingkat nasional dan jawaban itu harus terumuskan pada pada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.

Pertanyaan dasar itu perlu dijawab karena pada dasarnya kurikulum adalah
jawaban pendidikan untuk menyelesaikan berbagai masalah bangsa yang dirumuskan pada pertanyaan dasar tersebut.

Sesuai dengan konteks baru pengembangan kurikulum sejarah maka jawaban tersebut adalah dalam bentuk keputusan mengenai standar isi dan standar kompetensi lulusan pendidikan sejarah.

Jawaban itumenjadi pegangan lebih lanjut bagi guru pendidikan sejarah dan dikembangkan menjadi kurikulum sekolah (KTSP), setelah disesuaikan dengan kondisi masing-masing sekolah atau kelas yang dibina oleh guru.

Pertanyaan dasar tersebut yang harusw dijawab dikemukakan berdasarkan pandangan filosofis kurikulum para pengembang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.

Pertanyaan dasar tersebut dapat berupa pertanyaan mengenai kualitaskehidupan apa yang harus dimiliki generasi dan setiap individu anggota generasi yang akan datang.

Kualitas yang dirumuskan tadi menjadi kualitas minimal yang harus dimiliki anggota masyarakat dari pendidikan dasar dan haruslah menjadi tanggungjawab berbagai mata pelajaran dalam kurikulum, dan diantaranya mata pelajaran pendidikan sejarah.

Ada kualitas generasi yang datang bersifat di atas kualitas minimal yang menjadi tanggungjawab kurikulum pendidikan di atas pendidikan dasar.

Tentu saja mengingat sifatnya yang sangat spesifik maka kualitas minimal yang harus dimiliki anggota masyarakat yang menjadi peserta pendidikan dasar bersifat ekslusif dan hanya dapat dikembangkan melalui mata pelajaran sejarah, tidak mata pelajaran lain.

Dalam menjawab pertanyaandasar tersebut para pengembang kurikulum (SI dan SKL) memang harus memiliki gambaran tentang kehidupan bangsa di masa mendatang.

Gambaran kualitas kehidupan itu dibandingkan dengan kualitas yang telah dimiliki pada masa kini, Perbedaan antara kualitas yang seharusnya dimiliki di masa mendatang dan kualitas yang telah dimiliki masa kini menjadi kualitas yang belum dimiliki peserta didik dan harus dikembangkan melalui kurikulum.

Ini adalah kebutuhan masyarakat dan bangsa dan atas dasar kualitas yang telah diidentifikasi tersebut maka proses pengembangan kurikulum (curriculum construction) dilakukan dengan tugas utama adalah merumuskan ide kurikulum.

Ide kurikulum yang telah dirumuskan menjadi landasan bagi pengembangan dokumen kurikulum yang didalamnya terdapat berbagai komponen kurikulum.

Materi pendidikan sejarah adalah salah satu konten kurikulum yang diorganisasikan sedemikian rupa dan diberi label Ilmu Pengetahuan Sosial atau pun Sejarah.

Apabila sudah dapat ditentukan kualitas yang harus dikembangkan oleh kurikulum maka barulah kemudian dapat diajukan pertanyaan berupa seberapa banyak generasi mendatang harus mempelajari dan menguasai materi sejarah.

Pertanyaan Tentang Struktur Kurikulum 2013



  1. Apakah seluruh peserta didik harus mempelajari materi sejarah sejak masa awal ada kehidupan di Indonesiaatau bahkan dunia? 
  2. Apakah seluruh peserta didik harus belajar materi sejarah sebagaimana dikenal dalam struktur ilmu sejarah?
  3. Apakah seluruh peserta didik harus belajar materi sejarah terpilih yang dianggap penting oleh masyarakat untuk suatu tujuan yang mengarah kepada kepentingan nasional?
  4. Apakah peserta didik tertentu harus mempelajari materi sejarah tertentu sesuai dengan tujuan pendidikan lembaga pendidikan yang diikuti oleh peserta didik tersebut?


Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak selalu harus satu.

Jika fungsi dan tujuan suatu lembaga pendidikan diperhatikan maka terdapat perbedaan antara fungsi dan tujuan pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMAK. Konsekuensinya maka jawaban yang diberikan terhadap pertanyaan yang diajukan harus pula sesuaidengan fungsi dan tujuan lembaga pendidikan tersebut.

Jawaban yang diberikan untuk suatu lembaga yang sesuai dengan fungsi dan tujuan pendidikan sejarah untuk suatu lembaga pendidikan menjadi dasar pengembangan kurikulum sejarah bagi lembaga pendidikan tersebut.

Demikianlah informasi tentang. Pertanyaan Dasar Kurikulum Pendidikan Sejarah. Semoga informasi yang kami sharingkan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca kami. sekian Terima Kasih..

0 Response to "Pertanyaan Dasar Kurikulum Pendidikan Sejarah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel