Tujuan Pendidikan Sejarah di Masa Mendatang

Siswa yang akanhidup sebagai para pemuka bangsa, pejabat pemerintah, para pemimpin dunia ekonomi, para pemimpin sosial budaya, dan pemimpin lain tidak mungkin tidak dapat menghindari dari arus informasi.

Sementara itu, tidak ada satu jaminan pun yang dapat diberikan bahwa informasi yang diterima dari berbagai media tidak terkontaminasi oleh ketidakakuratan hasutan, pergunjingan, dan berbagai bias pribadi yang dilingkupi oleh berbagai kepentingan tertentu.

Tujuan Pendidikan Sejarah di Masa Mendatang
Tujuan Pendidikan Sejarah di Masa Mendatang

Oleh karena itu, siswa haruslah terlatih baik menghadapi dan hidup dalam situasi itu dan dapat mengatasikeadaan yang tidak diingingkan serta memiliki kemampuan membangun kehidupan yang tidak terganggu oleh berbagai macam ancaman tersebut.

Siswa yang hidup pada era globalisasi sekarang ini merupakan anggota masyarakat yang mampu untuk menerima dan menyaring berbagai informasi dari berbagai media.

Sebagai masyarakat yang baru, dewasa, atau pun senior, mereka harus mampu memilah-milah informasi sehingga berbagai kebenaran dapat terungkap sedangkan berbagai informasi yang keliru dapat tersaring dengan baik.

Pendidikan sejarah harus dapat mempersiapkan siswa dalam kualitas yang harus dimiliki: kualitas yang mampu melakukan kritik terhadap setiap informasi yang diterimanya.

Mampu mengenal berbagai bias yang terkandung di dalam informasi tersebut. Mampu menarik berbagai simpulan dari informasi tersaring dan teruji kebenarannya. Materi pendidikan sejarah memiliki kualitas dan karakteristik yang mampu mengembangkan kualitas yang dimaksudkan.

Dalam konteks mengenai masa depan, tujuan pendidikan sejarah sudah harus lebih dikembangkan dari apa yang sudah dikembangkan pada saat sekarang.

Jika pada saat sekarang tujuan yang dikembangkan terutama berkenaan dengan pengembangan pengetahuan, pemahaman, wawasan mengenai berbagai peristiwa yang terjadi ditanah air dan di luar tanah air, pengembangan sikap kebangsaan dan sikap toleransi, maka pada masa mendatang tujuan pendidikan sejarah hendaklahberkenaan dengan kualitas baru minimal yang seyogianya dimiliki anggotamasyarakat.

Tujuan pendidikan sejarah di masa mendatang (Hamid Hasan, 1999:8) adalah : 



  1. Pengetahuan dan pemahaman terhadap peristiwa sejarah yang cukup mendasar untuk digunakan sebagai memahami lingkungan sekitarnya, membangun semangat nasionalisme dansikap toleransi
  2. Kemampuan berpikir kritis yang dapat digunakan untuk mengkaji dan memanfaatkan pengetahuan sejarah, keterampilan sejarah, dan nilai peristiwa sejarah dalam membina kehidupan yang memerlukan banyak putusan kritisdan dalam menerapkan keterampilan sejarah untuk memahami berbagai peristiwa sosial, politik, ekonomi, dan budaya yang terjadi di sekitarnya.
  3. Keterampilan sejarah yang dapat digunakan siswa dalam membagi berbagai informasi yang sampai kepadanya untuk menentukan kesahihan informasi, memahami dan mengkaji setiap perubahan yang terjadi dalam masyarakat sekitarnya, dan digunakan dalam mengembangkan nilai-nilai positif menjadi milik dirinya dan nilai-nilai negatif untuk pelajaran yang tidak diulangi dan meniru keteladanan yang ditunjukkan oleh berbagai pelaku dalam berbagai peristiwa sejarah.


Nash dan Crabtree (1996) dibantu oleh sejumlah sarjana dari University of California at Los Angeles sangat menekankan pengembangan keterampilan sejarah.

Dalam bukunya mengenai National Strdards For History dikemukakan bahwa antara pemahaman, kemampuan berpikir, dan keterampilan sejarah merupakan kualitas yang dinyatakan sebagai standard yang harus dikuasai setiap siswa yang belajar sejarah.

Tujuan yang demikian harus diakui bahwa ada shif dalam filsafat pendidikan sejarah dari filsafat perenialisme yang menekankan pada“transmission of theglorios past”kepada suatu posisi di mana berbagai aliran filsafat seperti essensialisme dan bahkan social recontructionismbergabung dengan perenialisme.

Dengan sifat elektik ini pendidikan sejarah tidak saja menjadi wahana pengembangan kemampuan intelektual dan kebanggaan akan masa lampau, tetapi juga menjadi wahana dalam upaya memperbaiki kehidupan sosial, budaya, politik, ekonomi yang sedang berlangsung. Pendidikan sejarah menjadi sesuatu yang memiliki nilai praktis dan pragmatis bagi siswa.

Demikianlah informasi tentang. Tujuan Pendidikan Sejarah di Masa Mendatang. Semoga informasi yang kami sharingkan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca kami. Sekian dan terima kasih..

0 Response to "Tujuan Pendidikan Sejarah di Masa Mendatang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel