-->

Cara Belajar Coding Untuk Pemula (Lengkap)

Apa Itu Coding?

Apa itu Coding
Apa itu Coding
Coding adalah merupakan proses pengolahan kode yang menggunakan bahasa pemrograman, dari mulai menuliskannya, memperbaikinya, hingga memeliharanya. Code ini yang dimaksud adalah perangkat pembangun suatu program Komputer atau PC.

Sementara itu, bahasa pemrograman merupakan suatu sktamur yang berfungsi memberikan perintah kepada kemputer atau PC.

Bahasa jenis ini pun terdiri dari suatu himpunan dari aturan sintak dan semantic dan sehingga program komputer bisa terdefinsikan oleh PC.

Di antara bahasa pemrograman yang paling populer di Indonesia di antaranya Java, PHP, C, Visual Basic, Python, C++, JavaScript, C#, Objective-C dan ActionScript.

Apa Manfaat Belajar Coding?


Manfaat Bercoding
Manfaat Bercoding
Pertanyaan semacam ini pastinya harus terjawab, sebab harus jelas manfaat apa yang bisa kita dapatkan dari mempelajari coding.

Hasil kerja coding kita nantinya bisa diaplikasikan ke jumlah produk bermanfaat bagi diri sendiri. Coding bermanfaat untuk melatihkan ketelitian. What?

Sebab dengan anda mempelajari coding, kita akan terlatih untuk memahami dan mengamati ratusan bahka ribuan kode yang terdapat didalam suatu program nantinya.

Coding pun sangat bermanfaat untuk melatihkan daya pikir kita gens. Nah, didalam coding kita berlatih untuk melihat logika untuk membangun suatu algoritma yang bagus.

Kita pun jadi bisa membuat serangkaian formulasi sehingga segala masalah pemrograman bisa lebih mudah dan sederhana.

Melatihkan otak anda dan nalar anda didalam bercoding pada akhirnya akan mengembangkan pontesi didalam diri anda sendiri nantinya.

Situs-situs yang bisa mendukung belajar coding diantaranya adalah Coursera, Github, Codecademy, Udemy, edX, Khan Academy, Code Avengers dan W3schools.com.

Dan anda bisa melihat banyak situs pendukung pembelajaran coding. Nah, yuk sobat ku semua bersemangat untuk belajar coding.

Cara Belajar Coding Melalui Dengan Website


Cara Belajar Coding Melalui Website
Cara Belajar Coding Melalui Website
Nah, setelah anda mengetahui apa itu coding dan manfaat bercoding, lalu bagaimana anda memulainya?

Bagi pemula, belajarlah secara otodidak pula, mungkin akan kebingungan untuk memulainya belajar codingnya.

Meski anda ingin belajar coding secara mandiri, tidak perlu khawatir sob, jika menemui jalan buntu. Berikut ini kami kami sharingkan langkah untuk para pemula di dunia coding.

Mari simak langkah-langkah berikut ini adalah 4 Cara Belajar Coding Melalui Dengan Website :

1. Mulai dari HTML
HTML adalah inti dari halaman web secara keseluruhan dan mempelajari HTML cukup mudah sebernanya, anda tidak perlu memiliki dasar coding terlebih dulu.

Modal anda untuk belajar merupakan familiar dengan penggunaan web browser seperti Mozilla Firefox dan lainnya lah.

2. Lanjutkan Mempelajari CSS
CSS atau PHP sangatlah berguna untuk anda dalam memahami dan membuat tampilan website yang cantik dan menarik, menyesuaikan kepentingan dan kebutuhkan pengguna.

3. Naik Tingkat Belajar PHP

Bila anda sudah paham dengan HTML dan CSS, serta paham cara mengoperasikannya maka akan kita lanjutkan pembelajaran anda ke bidang web Programming atau PHP. Ini artinya, kamu sudah akan memulai pelajaran tentang bahasa pemrograman komputer.

Dengan mempelajari PHP, berarti kamu akan belajar mengatur alur logika, memproses hasil form HTML, hingga berkomunikasi dengan database seperti MySQL.

4. Lengkapi Proses Pembelajaran dengan Animasi dengan JavaScript

JavaScript merupakan satu golongan dengan PHP, yakni merupakan bahasa pemrograman murni dan JavaScript yang akan membuat Halaman Web anda nanti akan tampil Interaksi dan serta membuat visual lebih artistik. Ia merupakan bahasa pemrograman yang menggunakan konsep berbasis objek.

9 Software Belajar Coding Gratis Untuk Pemula

belajar coding gratis bahasa indonesia
belajar coding gratis bahasa indonesia
Sekarang sudah banyak sekali website belajar yang bisa anda manfaatkan untuk belajar sendiri dirumah termasuk belajar coding ini, anda bisa lakukankan dimanapun.

Berikut ini kami akan bagikan beberapa website yang menyediakan materi pembelajaran coding dan website development untuk anda semuanya?

1. Codecademy

Codecademy merupakan salah satu website yang khusus untuk belajar coding yang bisa dibilang cukuplah lengkap menunya.

Codecademy menyediakan berbagai quiz dan project yang membantu Anda untuk mendapatkan pengalaman langsung tentang konsep yang sedang diajarkan.

Dan anda pun bisa mulai dengan mempelajari HTML atau CSS lalu menlanjutkan belajar JavaScript, SQL, dan masih banyak sekali yang lainnya.

Codecademy juga menyediakan forum diskusi, glossaries bahasa pemograman, serta berbagai blog post dan artikel yang bisa membantu Anda selama masa pembelajaran.

2. Free Code Camp

Free Code Camp merupakan komunitas Open-source yang menyediakan berbagai proyek, sertifikat dan koneksi antar coder.

Nah, selain itu, Free Code Camp juga bukalah sebuah bootcamp, jadi anda bisa belajar mengikuti waktu belajar anda nantinya.

Website satu ini gratis dan anda bisa berkenalan dengan coder-coder lainnya yang ada di sekitar anda pastinya.

3. Codewars

Di Codewars, Anda akan dipandu untuk melalui beberapa level. Semakin tinggi level yang anda capaikan. Maka akan mendapatkan tantangan coding yang lebih kompleks lagi pastinya.

Tenang saja sob, sobat juga akan mendapatkan solusi dari coder lainnya di komunitas codewars. Itu jika sobat sudah berhasil mempelajari semuanya sich, sobat pun bisa membuat challege sobat itu sendiri juga.

4. The Odin Project

The Odin Project merupakan website yang belajar coding secara Gratis dari tim viking code school dan website ini pun fokus untuk mengajarkan sobat berbagai skill yang sobat butuhkan untuk memiliki career sebagai Website Developer yang sukses pastinya.

Setelah menyelesaikan proyek ini, Anda dijamin akan mengerti tentang Ruby, JavaScript, dan bahasa-bahasa pemograman yang sudah disebutkan di atas.

Anda juga bisa membangun portofolionya sambil belajar. Selain itu, mereka juga bisa membantu menghubungkan Anda dengan murid-murid coding lainnya sehingga Anda bisa bekerja sama.

5. HackerRank

Ada lebih dari jutaan programmer yang menggunakan hackerrank.com untuk mengasah kemampuan development mereka. HackerRank memiliki format code challenge.

Jadi ada sedikit kompetisi disini dan Anda akan mendapat poin setiap kali Anda berhasil menyelesaikan satu challenge.

HackerRank memiliki filosofi “learn by doing” atau belajar dengan mengerjakan. Jadi Anda akan mendapat sedikit sekalian panduan layaknya di kelas.

6. edX

edx.org adalah salah satu situs belajar online paling terkenal di dunia. Dengan kelas dari universitas-universitas ternama seperti MIT dan Harvard, edX menyediakan berbagai macam pembelajaran.

Termasuk coding. Disini, Anda bisa belajar sesuai dengan kecepatan Anda sendiri. Kursusnya sendiri memang gratis, tetapi jika Anda ingin sertifikat yang terverifikasi, Anda perlu membayar.

Kalau Anda ingin melanjutkan pembelajarannya,  Anda bisa naik ke level yang lebih tinggi. edX juga memiliki program “MicroMasters” unik yang terdiri dari serangkaian program tingkat S2.

7. Coursera

Serupa dengan edX, perpustakaan kursus online ini menampilkan berbagai kelas yang diajarkan oleh seorang professor melalui video. Kuis dan proyek memungkinkan Anda menerapkan apa yang Anda pelajari.

Anda dapat mempelajari materi dan menonton lecture secara gratis, tetapi Anda memiliki pilihan untuk membayar jika Anda ingin pembelajaran yang lebih dalam dan sertifikat terverifikasi.

Jika nantinya Anda tertarik untuk mengejar topik tertentu secara lebih mendalam, Coursera menawarkan spesialisasi yang akan menjadikan Anda ahli dalam bidang studi pilihan Anda.

8. MIT Open Courseware

Platform pendidikan ini pada dasarnya memungkinkan Anda untuk menghadiri MIT secara gratis.

Perpustakaan online mereka mencakup setiap topik yang diajarkan di sekolah kursus ilmu komputer dapat ditemukan di bawah School of Engineering, dikelompokkan bersama dengan teknik elektro.

Jika Anda memilih untuk belajar dari MIT Open Courseware, Anda akan membutuhkan banyak disiplin.

Semua perkerjaan rumah dan test harus dikelola dan dinilai sendiri. Tetapi kalau Anda berhasil menyelesaikan programnya, tentu menjadi nilai tambah untuk diri Anda sendiri.

9. Upskill

Kalau software Upskill memiliki bootcampsnya secara gratis yang bisa membantu sobat menjadikan sobat sangat mahir didalam coding nantinya, meskipun sobat benar-benar pemula.

Mereka menyediakan serangkaian video dengan gaya percakapan yang santai untuk memandu Anda melalui berbagai proyek. Fokus utamanya adalah pada pengembangan web full-stack.

Jadi jika sobat akan belajar HTML, CSS, JavaScript, Ruby On Rails, Git, Bootstrap dan masih banyak sekali sofrware lainya.

Itulah informasi yang dapat kami sharingkan tentang. Cara Belajar Coding Untuk Pemula Lengkap. Semoga bermanfaat bagi yang lagi belajar coding pemula. Sekian dan Terimakasih.

0 Response to "Cara Belajar Coding Untuk Pemula (Lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel