Cara Memilih Bimbingan Belajar Yang Baik

Bimbingan Belajar
Bimbingan Belajar
Bimbingan belajar adalah merupakan tempat belajar yang tambahan diluar jam belajar sekolah atau reguler.

Bimbel biasannya bertujuan untuk memperdalam pengetahuan siswa didalam memahami materi yang diberikan disekolah.

Bimbingan belajar merupakan alternatif untuk meningkatkan kualitas belajar dan pengetahuan kamu, terlebih lagi jika di kelas kamu banyak saingan yang jago alias pinter-pinter, tentu kamu juga harus belajar dengan ekstra untuk bisa mengalahkan mereka.

Salah satunya dengan ikut bimbel.

Bimbel Online

Bimbel Online
Bimbel Online
Siswa dapat memahami pelajaran di sekolah melalui perangkat teknologi seperti laptop dan ponsel. Sistem pembelajarannya bermacam-macam, salah satunya dengan menggunakan aplikasi belajar yang bisa diunduh secara gratis.

Di dalam aplikasi tersebut memuat ribuan konten video belajar yang langsung dijelaskan oleh guru yang ahli di bidangnya.

Selain itu, terdapat pula kuis soal-soal untuk menguji kemampuan diri serta hasil akhir berupa rapor online.

Pemilihan belajar online sangat tepat bagi siswa yang memiliki kegiatan padat di sekolah. Bisa pula menjadi opsi agar orang tua dapat lebih mudah mengontrol anak.

Bimbingan Belajar Konvensional

Bimbingan Belajar Konvensional
Bimbingan Belajar Konvensional
Sekarang memang banyak sekali bermunculan calon bimbel online. Nah, namun bimbel konvensional juga masih tetap bertahan dengan beragam inovasinya contohnya macam Ganesha Operation.

Walau pun harus merogoh biaya yang sangat tinggi, namun masih banyak orangtua yang percaya bahwa kelas tatap muka yang akan lebih membuat siswa lebih fokus lebih belajarnya.

Belakangan juga bimbel konvensional dah mulai merambah ke sesi konseling orangtua dan sisa dengan mengadakan seminar motivasi atau parenting.

Biaya

Biaya
Bicara soal harga. Disini kisaran biaya mulai dari bimbel SD, SMP, SMA mempunyai rentang harga yang berbeda-bedan teman-teman.

Namun secara umum kisarannya berada di angka sekitar Rp2 juta−Rp25 juta. Besaran biaya ini sangat ditentukan dengan masa belajar adek-adek juga (sebulan, semester dan setahun itu semua tergantung pake yang dipilih), darusi jam belajar dan total jumlah pertemuannya.

Sangat disarankan untuk memilik bimbel online karena harga yang jauh lebih terjangkau sebab tidak membutuhkan biaya operasional untuk ruang kelas dan transportasi menuju lokasi bimbelnya.

Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran
Setiap bimbingan belajar memiliki metode pembelajaran tersendiri yang menjadi ciri khas mereka. Akan tetap tentu tidak smua metode akan cocok dengan adik-adik.

Sama dengan halnya seperti tentor, adik2 bisa mengetes metode pembelajaran suatu bimbingan belajar dengan mengikuti kelas percobaan yang diadakan.

Ada pula metode bimbingan belajar online yang tidak kalah efektif dengan metode konvensional. Tidak hanya menghemat waktu.

Bimbingan belajar online juga yang lebih fleksibel karena adik bebas memilihnya di tempat pembelajaran.

Kamu bisa melakukannya sambil hang out di kafe atau tiduran di dalam kamar. Program-program yang ditawarkan pun beragam, kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu.

Hasil pembelajaran kamu akan terekam secara otomatis sehingga dapat dijadikan patokan untuk perbaikan selanjutnya.


Jumlah Murid dalam Kelas

Jumlah Murid dalam Kelas
Jumlah Murid dalam Kelas
Meskipun kualitas menjadi hal utama yang dipertimbangkan dalam memilih bimbingan belajar, faktor kuantitas juga tidak kalah penting.

Banyak anak memilih untuk bergabung dengan bimbingan belajar karena terlalu banyaknya jumlah murid dalam kelas di sekolah, menyebabkan mereka menjadi tidak fokus dalam menyerap materi pelajaran yang disampaikan.

Karenanya, cari tahu rasio pengajar dan peserta dalam satu kelas di tempat bimbingan belajar. Semakin sedikit jumlah murid, tentu kamu akan semakin fokus memperhatikan.

Tentor juga akan memiliki waktu yang cukup untuk menerangkan materi secara lebih detail pada murid yang merasa belum paham. Tentunya kamu juga akan lebih nyaman untuk bertanya dan berdiskusi.

Kurikulum

Kurikulum
Kurikulum
Tidak smua bimbel itu yang berkualitas dek, memiliki acuan kurikulum yang sama dengan sekolah adik-adik.

Apalagi saat ini, pendidikan di Indonesia menggunakan 3 kurikulum utama yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kurikulum 2013, dan Kurikulum 2013 revisi.

Jadi, sebelum memilih bimbingan belajar, perlu untuk melakukan riset terlebih dahulu agar dapat disesuaikan dengan acuan yang dipakai di sekolah.


Fasilitas

Fasilitas
Fasilitas
Hal satu ini penting untuk dijadikan pertimbangan. Kualitas suatu bimbingan belajar bisa dilihat dari fasilitas yang mereka punya.

Koneksi wi-fi, tapi tanyakan fasilitas-fasilitas lain yang terkait dengan program-program pengajaran mereka.

Sebagai contoh, tanyakan apakah mereka memiliki jasa konsultasi untuk mendiskusikan pilihan sekolah. Pilihlah bimbingan belajar yang peduli dengan peranmu sebagai murid.

Alumni

Alumni
Alumni

Penilaian dari manfaat bimbingan belajar tidak terlepas dari hasil yang telah diperoleh aluminnya, para siswa dan orangtua tentu harus berusaha mencari tahu track record sebelumnya dan akan tetapi buka hanya sekadar melihat hasil akhir ujian saja.

Melainkan juga bagaimana proses belajar-mengajar selama bimbingan berlangsung. Sebab, hal inilah yang sebenarnya dapat mempengaruhi semangat siswa untuk bisa berprestasi di sekolah.

Tempat Strategis

Tempat Strategis
Tempat Strategis
Selain fasilitas dan kualitas, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan faktor lokasi Jangan sampai kamu merasa lelah duluan karena harus menempuh perjalanan jauh dari rumah ke tempat bimbingan belajar.

Bisa-bisa nanti kamu malah jadi tidak fokus saat mentor menerangkan materi. Jadi, cari bimbingan belajar yang lokasinya cukup dekat dari rumah.

Sebagai alternatif lain, kamu juga bisa memilih bimbingan belajar yang dekat dari sekolah. Umumnya, waktu bimbingan belajar baru dimulai pada sore hari

Jadi, setelah pulang sekolah, kamu bisa langsung mendatangi bimbingan belajar. Kamu bahkan bisa sekalian membahas materi yang kamu dapatkan di sekolah pada hari itu.

Tentor Atau Guru Yang Berkualitas

Tentor Atau Guru Yang Berkualitas
Tentor Atau Guru Yang Berkualitas
Seperti halnya fasilitas, banyak bimbingan belajar yang juga membanggakan para mentor sebagai bagian dari promosi mereka.

Biasanya, mereka akan mengatakan bahwa mentor-mentor mereka telah berpengalaman dan merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit.

Jangan termakan oleh promosi tersebut karena tidak semua lulusan PTN favorit memiliki teknik mengajar yang oke.

Biasanya, bimbingan belajar mengadakan trial atau kelas percobaan yang bisa kamu ikuti sebelum benar-benar terdaftar menjadi murid. Manfaatkan hal tersebut untuk mencari tahu kecocokan antara kamu dan mentor mereka.

Apabila kamu merasa makin bingung setelah mengikuti trial, mungkin itu tandanya kamu harus mencari bimbingan belajar lain.

Jangan sampai kamu mengundurkan diri di tengah jalan karena merasa tidak cocok dengan mentornya.

Sumber :
http://bimbel.ruangguru.com/
https://www.quipper.com/

Itulah informasi yang dapat kami sharingkan tentang. Cara Memilih Bimbingan Belajar Yang Baik. Semoga informasi ini bermanfaat. Oia jangan komentarnya ya.. 

0 Response to "Cara Memilih Bimbingan Belajar Yang Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel