-->

Pola Pengembangan Paragraf

Pola Pengembangan Paragraf adalah bentuk pengembangan kalimat utama ke dalam kalimat-kalimat penjelas.

Pola Pengembangan Paragraf
Pola Pengembangan Paragraf

Perincian


Perincian merupakan pola pengembangan paragraf yang berisikan uraian secara berurutan, satu demi satu, dari bagaian yang kecil.

Contohnya :

Ada beberapa cara menghentikan kebiasaan merokok. Pertama, berhenti secara bertahap dengan cara mengurangi frekuensi dan kuantitas rokok.

Kedua, sibukkan diri anda dengan melakukan apa saja yang anda suka agar perhatian anda teralihkan. Ketiga, konsultasi dengan dokter bagaimana cara berhenti merokok dengan cepat.

Sebab-Akibat


Pengembangan paragraf sebab-akibat ini berpola A menyebabkan B. akibat dalam pola pengembangan ini lebih dari satu.

Contohnya :

Gelombang tsunami dahsyat melanda Aceh dan Sumatera Utara. Bangunan dan fasilitas kota sebagaian besar hancur. Ratusan ribu orang meninggal dan hilang.

Akibat-Sebab


Didalam pola pengembangan akibat-sebab, pernyataan sebab merupakan simpulan dari akibat-akibat yang ada.

Contohnya :

Kedisiplinan dan sopan santun para pengendara di jalan raya rendah. Jumlah dan aneka jenis kendaraan yang sangat banyak membuat pelebaran dan penambahan jalan pun tak berfungsi.

Buruknya drainase yang menyebabkan banjir menambah buruknya kondisi jalan raya. Hal-hal seperti itulah yang menyebabkan kemacetan di jakartas terus terjadi dan sulit diatasi.

Analogy


Analogi adalah pola pengembangan paragraf secara membandingkan atau mengumpamakan dua hal yang mempunyai sifat yang sama.

Contohnya :

Seorang anak baru lahir masih suci layaknya selembar kertas putih yang ternoda. Baik buruknya anak tersebut bergantung pada bagaimana cara orang tua mendidikannya, pengaruh orang-orang di dekatnya dan lingkungannya.

Demikian pula kertas putih yang belum ternoda. Akan menjadi apa kertas tersebut bergantung pada apa yang akan kita goreskan oada kertas putih tersebut.

Generalisasi


Generalisasi adalah merupakan proses pola pengembangan paragraf yang berasal dari pernyataan yang bersifat khusus menjadi umum.

Contohnya :

Pemerintah telah menjadikan Pulau Komodo sebagai habitat pelestarian Komodo. Di Ujung Kulon, Pemerintah membuat cagar alam untuk pelestarian badak bercula satu.

Selain itu, sejumlah undang-undang dibuat untuk melindungi hewan langka dari incaran pemburu. Banyak cara yang telah dilakukan pemerintah untuk melestarikan hewan-hewan langka.

Itulah informasi tentang. Pola Pengembangan Paragraf. Semoga informasi ini mendapatkan ilmu lebih untuk pengunjung dan pembaca diblog kami ini.

Sekian dan Terimakasih.

0 Response to "Pola Pengembangan Paragraf"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel