Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 2019

Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran?

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah merupakan penganggan seorang guru didalam mengajar didalam kelas atau ditempat belajar lainnya atau disingkat dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan dibuat oleh guru untuk membantu didalam mengajar agar sesuai standar KD (Kompetesi Dasar).

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Menurut Ahli tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran?

Kalau menurut Permandikbud 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran.

Pertama didalam pembelajaran menurut standar proses adalah merupakan perencanaan pembelajaran yang diwujubkan dengan kegiatan dalam penyusunaan suatu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan sebuah rencana pembelajaran yang dikembangkan dengan rinci dari materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus nantinya.

Menurut panduan Teknis Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di sekolah Dasar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan sebuah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih nantinya.

Setiap Pendidikan pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif

Memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dan serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsi dan kreativitas.

Kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis siswa dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusu berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebihlah.

Disetiap pedidik wajiban menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, Efisien menyenangkan, Menantang, Inspiratif.

Motivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup untuk prakarsa,  kreativitas, serta kemandirian yang sesuai bakat, minat, serta perkembangan fisik serta psikologis siswa.

Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar adalah merupakan pendekatan pembelajaran Tematik Terpadu dari kelas 1 sampai kelas V1.

Rencana Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan 2019?

Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran menjadi salah satu inisiatif Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kita yaitu Nadiem Makariem didalam mengeluarkan kebijakan pendidikan ini menjadi (Merdeka Belajar).

Menurut Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, inisiatif penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini didedikasikan untuk para guru agar meringankan beban adinistrasi pada guru.

RPP yang sebelumnya terdiri dari belasan komponen, kini disederhanakan menjadi tiga komponen inti yang dapat dibuat hanya dalam satu halaman.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembejaran ini peserta didik didalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.

Dengan adanya kebijakan baru tentang penyederhanaan RPP ini, guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Guru dapat tetap menggunakan format RPP yang telah dibuat sebelumnya, atau bisa juga memodifikasi format RPP yang sudah dibuat. (Desliana Maulipaksi).

Berikut ini kami sharingkan Contoh RPP. Model format Rencanaan Pelaksaan Pembelajaran sesuai Surat Edaran Kemendikbud no 14 Tahun 2019 yang baru. Klik Disini

Itulah informasi tentang. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Baru di tahun 2019. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan pengunjung kami. Sekian dan Terimakasih.

0 Response to "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel