-->

STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics)

Definisi Pendidikan STEM?


STEM

Apa itu STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) adalah kurikulum pendidikan yang sangat berfokus pada mata pelajaran Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika.

Dengan memfokuskan proses pendidikan pada pemecahan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari maupun kehidupan profesi (National STEM Education Center, 2014).

Aspek STEM Dalam Pendidikan?


Aspek-aspek dari Pendekatan STEM memiliki ciri-ciri khusus yang membedakan antara ke empat aspek tersebut.

Masing-masing dari aspek membantu peserta didik menyelesaikan masalah jauh lebih komprehensif jika diintegrasikan.

Adapun dari ke empat ciri-ciri tersebut berdasarkan defenisi yang dijabarkan oleh Torlakson (2014) yaitu :

  1. Sains yang mewakili pengetahuan mengenai hukum-hukum dan konsep-konsep yang berlaku di alam.
  2. Teknologi adalah keterampilan atau sebuah sistem yang digunakan dalam mengatur masyarakat, organisasi, pengetahuan atau mendesain serta menggunakan sebuah alat buatan yang dapat memudahkan pekerjaan.
  3. Teknik atau Engineering adalah pengetahuan untuk mengoperasikan atau mendesain sebuah prosedur untuk menyelesaikan sebuah masalah.
  4. Matematika merupakan ilmu yang menghubungkan antara besaran, angka dan ruang yang hanya membutuhkan argument logis tanpa atau disertai dengan bukti empiris. Seluruh aspek ini dapat membuat pengetahuan menjadi lebih bermakna jika diintegrasikan dalam proses pembelajaran.

Tujuan dari Pendidikan STEM?


Tujuan dari pembelajaran dengan pendekatan STEM cocok untuk diterapkan pada pembelajaran sekolah menengah yang subjek dalam pembelajarannya membutuhkan pengetahuan yang komplek.

Pendidikan STEM. Science, Technology, Engineering, and Mathematic


Berikut ini akan dipaparkan perbedaan masing – masing disiplin ilmu yang membangun pembelajaran berbasis STEM. Science, Technology, Engineering, and Mathematic ;

Science :
Sains merupakan kajian berhubungan dengan peristiwa alam yang melibatkan penyelidikan, penelitian dan pengukuran untuk menjelaskan sebab akibat dari sebuah fenomena alam.

Penyelidikan dan penilitian sains dapat digunakan untuk mengidentifikasi bukti – bukti yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan ilmiah dan menjawab permasalahan dalam kehidupan manusia.

Technology :
Inovasi atau penemuan manusia yang dapat berupa perangkat lunak dan keras sebagai sarana untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan manusia, sehingga dapat mempermudah pekerjaan manusia untuk kehidupan yang lebih maju.

Engineering :
Pengetahuan dan keterampilan untuk mendesain, mengaplikasikan, mereplikasi serta marekayasa sebuah karya berupa peralatan, Sistem dan mesin yang dapat digunakan oleh manusia untuk mempercepat dan mempermudahkan proses produksi terhadap barang dan jasa.

Mathematic :
Ilmu yang berhubungan dengan numerasi, pola perubahan dan hubungan, ruang dan bentuk. keterampilan berpikir secara rasional dan logis serta bernalar, dan menggunakannya secara sistematik dan terstruktur.

STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics)
STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics)


Karakteristik Pendekatan Pembelajaran STEM


Nah, Integrasi diantara Science, Technology, Engineering, and Mathematic didalam satu pokok pembahasannya yaitu?

  • Diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL)
  • Sesuai dengan kehidupan nyata, bersifat konstektual
  • Menyiapkan generasi yang memiliki SDM sesuai dengan kecakapan Abad 21
  • Sesuai dengan tuntutan revolusi industry 4.0
  • Penerapan pembelajaran yang bertujuan untuk melatihkan soft skill dan hard skill

Pola Pendekatan STEM Dalam Pembelajaran


Pendekatan STEM yang memiliki pola yang dikenal dengan istilah Engineering Design Process disingkat EDP atau process mendesain sebuah karya atau mesin.

EDP ini kemudian memiliki banyak versi yang telah dirumuskan para ahli, namun secara umum EDP memiliki pola sebagai berikut.

  • Perumusan masalah
  • Rencana solusi
  • Membuat dan Mengembangkan model
  • Menggunakan model
  • Mengevaluasi
  • Mengomunikasikan dan merefleksi.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang. STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Semoga bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca.

Sekian dan Terimakasih

0 Response to "STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel