-->

Contoh Soal Penalaran Umum CPNS 2020

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemkes, Anung Sugihantono, Jumat (18/1/19) di Jakarta, menjelaskan bahwa penetapan DBD sebagai KLB dilakukan di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Selain itu, KLB DBD juga ditetapkan di NTT, yakni Kabupaten Sumba Timur, Sumba Barat, Ende, Timor Tengah Utara, Manggarai Utara, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur. Ketika ditetapkan sebagai KLB, pemda (pemerintah daerah) bisa memakai semua sumber daya untuk menyelesaikan masalah kesehatan ini karena ada “dana siap pakai” tersedia apabila anggaran kesehatan takcukup.

Menurut data Kemkes sampai Januari 2019, ada 4.798 kasus terduga DBD. Data itu dihimpun dari 10 provinsi, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Lampung, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara. Dari data itu, Jawa Timur memiliki kasus terduga DBD terbanyak, yakni 1.081 kasus, diikuti Jawa Tengah 690 kasus, dan Jawa Barat 541 kasus.

“Kasus DBD banyak terjadi di Pulau Jawa karena aksesibilitas terhadap layanan kesehatan mudah,” kata Anung. Selain itu, DBD pun merebak di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Menurut Kepala Subbagian Tata Usaha Suku Dinas Jakarta Selatan, Nuril Astuti, pada Desember 2018 terdapat 93 kasus DBD di Jakarta Selatan.

Untuk mencegah DBD, warga diimbau menaburkan abate di penampungan air dan memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk.

Warga diminta memperhatikan genangan air di sekitar tempat tinggal karena telur nyamuk Aedes aegypti dapat bertahan pada kondisi di perkotaan sekalipun dalam kondisi kering dan menjadi nyamuk bila ada air.

Soal Penalaran Umum CPNS
Soal Penalaran Umum CPNS
Selain itu, genangan air bersih di sekitar lokasi rumah perlu rutin dibersihkan.

Berdasarkan paragraf pertama, manakah pernyataan berikut ini yang paling benar?
  1. Penetapan suatu daerah sebagai KLB demam berdarah didasarkan pada fasilitas yang tersedia di daerah tersebut.
  2. Kesiapsiagaan menghadapi penyebaran demam berdarah dengue perlu ditingkatkan, terutama saat memasuki musim hujan.
  3. Pasien penderita demam berdarah dengue mendapat layanan pengobatan gratis di setiap rumah sakit yang ada di daerah.
  4. Rumah sakit yang kekurangan fasilitas dan dana dalam menghadapi demam berdarah dapat mengajukan dana ke pemprov/pemkab/pemkot.
  5. Kemkes melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit telah menyiapkan segala fasilitas menghadapi DBD.

0 Response to "Contoh Soal Penalaran Umum CPNS 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel