Cara Merawat Burung Kacer Agar Cepat Gacor

Burung Kacer

Burung kacer
Burung kacer

Burung Kacer atau Kucica Kampung (Copsychus saularis) adalah merupakan burung pengicau kecil yang sebelumnya dikelompokkan sebagai anggota keluarga Turdidae (Murai), tetapi kini dianggap sebagai anggota muscicapidae.

Burung kecer ini berwarna hitam dan putih dengan ekor yang panjang. Ekornya terangkat ke atas jikan mereka sedang mencari makanan di tanah atau kadang ketika sedang bertengger. Burung ini banyak ditemukan di daerah Asia Selatan dan Asia Tenggara. Di indonesia burung kacer ini mulai langka karena penangkapan yang berlebihan untuk dipeliharan.

Cara Membuat Burung Kacer Menjadi Jinak


Cara menjinakkan burung kacer sebernanya cukup mudah. Anda bisa mulainya dengan rutin mengelus-elus bulunya atau dengan menyuapi makanan pada burung kacer anda.

Satu hal lagi yang tidak kalah pentingm ajakkanlah kacer milik anda berbicara dan anda lalukan juga memberikan rangsangan berupa suara. Bisa dengan suara decakkan dari mulut misalnya. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengumpannya agar mau berkicau.

Bentukkan rangsanggan lain yang bisa dilakukan antara lain dengan cara bersiul menirukkan suara burung juga cukup efektif. Lakukan secara rutin saat anda sedang berada didekat kandangnya. Jika anda lakukannya dengan benar, insyallah akan terlihat hasilnya.

5 Tips Cara Merawat Burung Kacer Agar Gacor

Gimana sich caranya merawat burung kacer agar gacor?. Anda harus lakukan perawatan harian secara telaten atau rutin, semua itu tidak bisa selesai dan dirasakkan hasilnya dalam waktu yang singkat. Tetapi dengan melakukan perawatan yang kami berikan ini, insyallah anda bisa menghasilkan kacer dengan kualitas suara yang optimal.

Berikut ini tips-tips merawat burung kacer?

1. Pakan

Untuk asupan makanan burung kacer sendiri bisa berupa makanan alami dan juga berupa makanan buatan. Biasanya dalam memberikan makanan, orang orang tidak hanya memakai satus jenis saja namun kombinasi dari kedua pakan tersebut.

Tujuannya adalah untuk mencukupi asupan nutrisi yang dibutukkan oleh burung kacer itu tesebut. Burung kacer yang tersuplai dengan makanan yang bermutrisi bisa menghasilkan suara kicauan yang lantang dan juga merdua pastinya.

Nah, untuk pakan yang alami kacer yang baik yaitu jangkrik, kroto, orong-orong, belalang, cacing tanah dan juga ulat hongkong. Sedangkan untuk pakan buatan adalah voer, bisa kita dapatkan di toko-toko jual makanan burung ditempat andan tinggal.

Untuk aturan memberikan pakan berdasarkan waktu dan porsi atau takaran yang baik dan benar adalah sebagai berikut ini?
  • Pakan jangkrik cukup diberikan 2-3 ekor setiap pagi dan sore hari.
  • Pakan berupa ulat hongkong bisa anda berikan seukuran 1 sendok the sehari sekalilah.
  • Sebagai penyempurnan asupan nutrisi pelengkap, anda bisa menambakkan voer poor setiap 2 kali sehari dengan takaran secukupnnya.

2. Melakukan Pengembunan

Pengembunan Burung Kacer adalah merupakan mengangin-anginkan burung pada pagi hari. Sebelum dimandikan, burung ini diangin-anginkan dengan cara diletakkan diluar rumah.

Tujuan dari diletakkan diluar rumah adalah  agar burung dapat beradaptasi dengan linkungan sekitarnya dan andan dapat melakukannya proses ini sekitar 30 menit dalam sehari saja.

3. Mandikan Burung

Setelah anda diangin-anginkan. Makan anda dapat memandikan burung murai andan dengan cara disempot atau dimandikkan dalam kurungan. Burung Kacer yang bersih akan kebal terhadap penyakit apa pun insyallah.

4. Menjemur

Didalam proses merawat Burung Kacer berikutnya adalah dengan menjemur. Lakukan proses penjemuran ini sekitar satu jam. Penting juga diketahui agar saat dijemur, burung murai tidak melihat burung murai lainnya.

5. Bersihkan Kandang Secara Rutin

Jika kandang burung kacer anda bersih, maka burung kacer bisa terhindar dari segala penyakit yang berasal dari jamur dan bakteri. Sehingga kesehatan dan stamina dari kacer akan tetap terjaga dengan baik.

Burung kacer yang sehat pasti akan memperlihatkkan gerakkan yang gesit, lincah, serta aktif dalam berkicau. Perilakun seperti ini juga bisa menunjukkan bahwasannya burung kacer kesayangan kita terhindar dari strees.

Dan lakukan juga rutin memberikkan kandang burung kacer milik anda. Setidaknya setiap hari sekali, itu sudah cukup. Sebab hal itu termasuk salah satu cara merawat burung kacer yang juga tak kalah pentingnya dibanding poin yang lainnya.


Referensi
Wikipedia
Kicau.net

Demikianlah informasi tentang. Cara Merawat Burung Kacer Agar Cepat Gacor. Semoga informasi merawat burung kacer ini bermanfaat bagi pembaca kami. jangan lupa juga dukung kami dengan sharekan informasi ini ke teman-teman anda. Sekian dan terimakasih.

0 Response to "Cara Merawat Burung Kacer Agar Cepat Gacor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel