-->

Pengertian DMR (Digital Mark Reader), Fungsi, Keunggulan dan Cara Kerjanya

Pengertian DMR (Digital Mark Reader)


Digital Mark Reader adalah merupakan sebuah perangkat lunak hasil temuan Prof. Dr. Ing. Iping Supriana, DEA, beliau juga merupakan seorang yang bertanggung jawab untuk memimpin Tim Riset di Institul Teknologi Bandung (ITB).

Bagi Pengguna DMR (Digital Mark Reader) kita tidak hanya instansi lokar yang berada di indonesian. Nah namun sudah mencapai instansi diluar negeri. Instansi yang menggunakan ini umumnya merupakan instansi pendidikan terutama yang instansi yang berdiri dibawah kepemimpinan kemendikbud.

Selain itu instansi pendidikan terdapat juga lembaga bimbingan belajar. Instansi pemerintah lainnya dan kantor-kantor psikologi dan konsultan.

Selain biasanya DMR ini digunakan untuk proses rekrutmen pegawai, DMR juga bisa digunakan untuk mensurvei tingkat kepuasan pelanggan hingga hal-hal seperti pengawasan pekerjaan atau alat kerja.

Cara Kerja DMR (Digital Mark Reader)


Pembuatan Lembar Jawaban

Cetak Lembar jawaban dan perbanyak dengan printer maupun mesin fotocopy (Menggunakan Kertas berukuran A4 atau setengah A4).

Pemrosesan LJK

Ketika pelaksanaan ujian selesai dan lembar jawaban yang telah diisi terkumpul dan anda dapat memulai scaning dan ekstraksi lembar jawaban dengan menggunakan Software SMR. Dan anda perlu ketahui bahwa kecepatan proses scaning sangat bergantung pada kemampuan perangkat keras scanner yang anda gunakkan.

Anda dapat membuat kunci jawaban dengan dua cara :
  1. Menggunakan kertas sebagaimana pengisian lembar jawaban lalu menyertakannya pada proses scanning membuat kunci jawaban dengan menggunakan fasilitas yang terdapat pada aplikasi SMR.
  2. Pada akhirnya Anda akan mendapatkan nilai peserta ujian sesuai dengan aturan penilaian yang Anda tentukan.

Fitur lainnya

  1. Fasilitas Membalikan Gambar Secara Otomatis : Fasilitas yang dapat membalikkan (gambar) lembar jawaban secara otomatis, sangat bermanfaat saat terjadi paper jam
  2. Pengaturan Sensitifitas : Fasilitas pengaturan sensitivitas sehingga hasil penilaian yang diperoleh benar-benar akurat.
  3. Fasilitas Bantuan edit Jawaban : Fasilitas yang memungkinkan modifikasi terhadap lembar jawaban berkasus sesuai kebijakan yang berlaku, berupa fasilitas bantuan penghitaman dan pemutihan jawaban untuk penanganan kasus khusus.
  4. Fasilitas Koreksi Jawaban Ganda : Fasilitas pengaturan hukuman bagi jawaban ganda, dapat diperlakukan sebagai jawaban yang kosong atau dianggap sebagai jawaban yang salah.
  5. Fasilitas Penyaringan Data: Fasilitas yang memungkinkan Anda untuk menampilkan data yang telah tersaring berdasarkan kriteria tertentu

Keunggulan DMR (Digital Mark Reader)

Paling Banyak Digunakan di Indonesia, HaKI Dijamin Undang-Undang : Dengan ribuan lisensi yang digunakan di 5 negara untuk berbagai bidang dan keperluan, DMR telah mendapatkan kepercayaan ratusan lembaga, Kisah sukses ini implementasi DMR (Digital Mark Reader) di suatu lembaga mempengaruhi lembaga lainnya untuk dimilikinya.

Digital Mark Reader juga diminati ke para pengembang sistem informasi karena menjadi alat entri data yang dapat diandalkan.

Tampilan Sederhana Mudah Digunakan Dan Efisien Sumber Daya : Kertas LJK DMR (Digital Mark Reader) cukup HVS 80gsm biasa, Boleh cetak Warna, boleh juga hitam putih dengan dicetak di beragam printer atau dibawa ke percetakan.

Demikian informasi yang dapat kami sampai ke pembaca setia kami. tentang. Pengertian DMR (Digital Mark Reader), Fungsi, Keunggulan, Cara Kerjanya. Semoga informasi yang kami sharingkan bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.

0 Response to "Pengertian DMR (Digital Mark Reader), Fungsi, Keunggulan dan Cara Kerjanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel